Sukses


Prediksi Final Piala Indonesia: Duel Bintang 5 Persija Versus PSM

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta bakal berhadapan dengan PSM Makassar pada leg pertama final Piala Indonesia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (21/7/2019).

Duel ini patut dinanti dan layak disebut perang bintang lima, mengingat persaingan kedua tim selama ini. Pada musim lalu, Persija dan PSM terlibat persaingan panas menjuarai Liga 1.

Sayangnya, kedua tim tengah pincang dalam pada leg pertama. Persija kehilangan tiga pemain meliputi Andritani Ardhiyasa, Steven Paulle, dan Bruno Matos. Sedangkan PSM, minus Rivky Mokodompit dan Wiljan Pluim.

"Kalau bicara ada pemain PSM yang cedera, Pluim tidak bisa bermain, kami juga kehilangan beberapa pemain. Sangat disayangkan," ujar pelatih Persija, Julio Banuelos.

Julio optimistis walau timnya tampil pincang. Ia yakin pemain yang diturunkan menjadi pengganti, bakal memberikan penampilan terbaik demi mengunci tiga poin pada leg pertama.

"Pada babak final, semua pemain ingin memberikan yang terbaik. Tapi, siapa pun pemain yang diturunkan nanti, pasti akan memberikan yang terbaik," kata pelatih asal Spanyol itu.

Kendati banyak pemain pilar kedua tim yang tidak tampil, pertemuan antara Persija melawan PSM layak dilabeli sebagai duel bintang lima. Baik tuan rumah beserta tim lawan masih memiliki sejumlah pemain berkualitas yang akan menyuguhkan pertandingan menarik.

Persija Jakarta masih punya Marko Simic, Riko Simanjuntak, dan pemain terbaik Liga 1 musim lalu, Rohit Chand. Di sisi tamu, Marc Anthony Klok, Zulham Zamrun, dan Eero Markkanen, akan bahu-membahu untuk mempermudah perjuangan PSM pada leg kedua.

2 dari 3 halaman

PSM Datang dengan Modal Apik

PSM Makassar datang ke Jakarta dengan kepercayaan diri tinggi. Juku Eja menyingkirkan Madura United di semifinal Piala Indonesia plus meraih dua kemenangan beruntun di Shopee Liga 1 2019. Masing-masing menekuk Bhayangkara FC 2-1 (13/7/2019) dan Persebaya Surabaya 2-1 (17/7/2019).

Kesuksesan ini jadi modal Juku Eja menantang Persija Jakarta pada leg pertama semifinal Piala Indonesia 2019. Absennya sang kapten, Wiljan Pluim tak membuat pelatih PSM, Darije Kalezic risau.

"Memang lebih baik kalau Pluim tampil. Tapi, engkelnya masih cedera dan saya tidak mungkin memaksakan dia tampil," kata Darije.

Kedalaman lini tengah yang dimiliki PSM jadi alasan Darije. Di lini tengah ada Marc Klok, M. Arfan, Rizky Pellu dan Rasyid Bakri yang semuanya merupakan gelandang pekerja keras, tipe yang dibutuhkan PSM untuk meredam lini tengah Persija Jakarta.

Sementara di lini bekakang, Abdul Rahman adalah sosok yang pas mematikan striker Persija Marco Simic. Rahman sudah melakukan tugasnya dengan baik ketika membuat bomber Persebaya, Amido Balde jadi kehilangan ketajamannya karena terus dikawal oleh Rahman.

Di posisi kiper, penampilan Hilmasyah kian matang setelah mendapat kepercayaan pada tiga laga terakhir PSM menyusul belum membaiknya cedera punggung Rivki Mokodompit.

Dilain pihak, menarik untuk ditunggu siapa yang akan menjadi starter di lini depan PSM. Di posisi penyerang sayap, Zulham Zamrun harus berbagi menit bermain dengan Bayu Gatra. Darije pun harus berhitung dengan cermat, memainkan Ferdinand Sinaga sejak menit awal atau sebagai pengganti.

Ferdinand sudah membuktikan ketajamannya dengan membobol gawang Bhayangkara FC dan Persebaya. Tapi, kebugaran eks striker Persib Bandung ini masih jadi kendala. Di posisi striker masih ada Guy Junior yang kuat dalam memegang bola plus tendangannya yang keras.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-4-2): Shahar Ginanjar (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan).

Pelatih: Julio Banuelos

PSM (4-3-3): Hilmasyah (kiper); Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri (tengah); Bayu Gatra, Guy Junior, M. Rahmat (depan).

Pelatih: Darije Kalezic

Video Populer

Foto Populer