Sukses


Final Piala Indonesia 2018: Pelatih PSM Menilai Persija dalam Tekanan

Bola.com, Jakarta - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, mengungkapkan skuatnya sangat siap menghadapi Persija Jakarta pada leg pertama final Piala Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno,Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Absennya kapten PSM, Wiljan Pluim, diyakininya tidak membuat Juku Eja melemah. Menurut Darije, PSM Makassar sudah terbiasa bermain tanpa Pluim dan hasilnya tidak mengecewakan.

Eks pelatih Roda JK Kerkrade ini merujuk hasil timnya di Shopee Liga 1 2019, di mana pada tiga partai awal tanpa diperkuat Pluim, PSM mencetak dua kemenangan dan satu imbang. 

Masing-masing mengalahkan Semen Padang 1-0 (20/6/2019) dan Perseru Badak Lampung FC 4-0 (24/6/2019) serta bermain imbang tanpa gol melawan PS Tira Persikabo (29/6/2019).

"Kami akan tunjukkan kekuatan PSM tetap solid tanpa Pluim," tegas Darije pada sesi jiumpa media di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Darije menambahkan, kebugaran mayoritas pemainnya tetap terjaga, meski PSM adalah tim yang paling banyak melakoni pertandingan musim ini.

"Pemain sudah terbiasa dengan jadwal padat. Jadi, mereka sudah tahu cara menjaga kondisi masing-masing," imbuhnya.

Situasi dan kondisi tim yang sedang bagus membuat Darije percaya skuat PSM Makassar bisa tampil optimal dan memenangi leg pertama.

"Kami sudah mencapai final dan saya mengapresiasi pemain tentang ini," tegas Darije.

2 dari 2 halaman

Pencapaian Minor Persija

Darije berharap wasit yang memimpin pertandingan besok memimpin dengan adil dan fair. "Saya yakin kedua klub dan suporternya tentu ingin menyaksikan laga yang bersih dan enak untuk ditonton," tutur Darije.

Terkait Persija, Darije menilai tuan rumah sedang berada dalam tekanan. Pencapaian sementara mereka di Shopee Liga 1 2019 menjadi penyebab.

"Di Liga 1 2019, Persija mulai kehilangan kesempatan untuk juara. Jadi, beban mereka sangat tinggi di ajang ini. Mereka harus memenangi Piala Indonesia kalau tak ingin gagal musim ini," kata Darije.

Musim ini, pencapaian Persija terbilang minor. Saat ini, Macan Kemayoran masih berkutat di papan bawah Shopee Liga 1 2019. Sebelumnya, mereka gagal mempertahankan Piala Presiden 2019 dan tersingkir pada penyisihan grup Piala AFC 2019.

Sementara itu, gelandang PSM, Marc Klok, juga yakin Juku Eja meraih trofi juara Piala Indonesia 2018. "PSM sudah lama tidak juara. Inilah kesempatan terbaik buat PSM memenangi gelar," tegas Klok.

Video Populer

Foto Populer