Sukses


Persebaya Beri Penghormatan untuk Mendiang Tokoh Bonek

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya dan Bonek masih dalam suasana berduka. Satu di antara tokoh Bonek, Jhonerly Simanjuntak meninggal dunia pada 11 Juli. Manajemen Persebaya memberikan penghormatan kepada Jhoner sebelum duel kontra Tira Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (21/7/2019) malam.

Secara seremoni, perwakilan manajemen Persebaya menyerahkan jersey bertuliskan “Gate Jhoner” dengan nomor punggung 21. Sejumlah tokoh Bonek menerimanya sekaligus memanjatkan doa untuk mendiang Jhoner.

“Almarhum Cak Jhoner pernah bilang, jadi Bonek itu ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, mendukung terus Persebaya. Kedua, mencari persaudaraan selamanya,” ucap Adji Bedjo, anouncer pertandingan tersebut.

Perwakilan dari keluarga Jhoner juga datang dalam seremoni bersama manajemen Persebaya. Kakak Jhoner, Robinson Sinaga, menyebut keluarganya merasa sangat kehilangan sosok yang selama ini sangat santun itu.

“Jiwanya jiwa Bonek, jiwanya jiwa Persebaya. Dia orang yang tidak pernah melawan di dalam keluarga. Selama ini orang bilang anarkis atau brutal, itu dihilangkan semua oleh dia. Kami sekeluarga merasa sangat kehilangan dia,” ujar Robinson.

Jhoner dikenal sebagai tokoh Bonek yang banyak berperan penting untuk Persebaya. Dia termasuk orang yang paling getol memperjuangkan nasib Persebaya saat sempat tidak diakui sebagai anggota PSSI.

“Bonek berduka kehilangan seorang teman, sahabat, dan tokoh yang menginspirasi teman-teman Bonek memperjuangkan kembalinya Persebaya. Dia berjuang tanpa mengenal lelah demi kembalinya Persebaya. Kami sangat kehilangan dan tidak bisa berkata-kata kecuali salut dan respek untuk Cak Jhoner,” kata Cak Cong, koordinator Green Nord atau Bonek tribune utara.

“Beliau adalah teman yang sangat bersejarah bagi kami ketika sama-sama membangkitkan Persebaya Surabaya dari keterpurukan. Sejak Persebaya sempat degradasi sampai akhirnya kembali ke Liga 1. Semoga tenang di tribune baru kamu, Kawan,” ungkap Hasan Tiro, koordinator Bonek Tribun Timur.

 

 

2 dari 2 halaman

Dekat dengan Pemain

Jhoner juga dikenal sebagai tokoh Bonek yang dekat dengan para pemain Persebaya. Penyerang sayap Oktafianus Fernando memiliki banyak kenangan saat sempat berbincang mengenai klub yang dibelanya itu.

“Saya pernah bertemu dengan almarhum di Polrestabes Surabaya. Beliau meminta jersey saya. Kami bercengkerama. Orangnya baik dan enak diajak berbicara. Itu yang saya ingat, dan beliau selalu memberi pesan kepada saya,” tuturnya.

Sebagai penghormatan lain, para tokoh Bonek Gate 21 kemudian memutuskan mengganti nama kelompok tribune mereka menjadi Tribun Jhoner Gate 21. Kelompok ini juga berdiri berkat iniasiasi dari Jhoner.

Video Populer

Foto Populer