Sukses


Akira Nishino Pede Siapkan Timnas Thailand dalam 10 Hari Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022

Bola.com, Bangkok - Timnas Thailand sudah resmi mendatangkan mantan pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 2018, Akira Nishino. Pelatih asal Saitama itu akan membesut timnas senior dan U-23. Putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia menjadi ujian pertama Nishino dengan Timnas Thailand.

Bicara dalam perkenalan resminya sebagai pelatih kepala Timnas Thailand senior dan U-23, akhir pekan lalu, Nishino berjanji membawa Thailand ke pentas Piala Dunia.

Timnas Thailand harus melewati adangan Uni Emirat Arab, Indonesia, Vietnam, dan Malaysia yang tergabung di Grup G untuk lolos ke putaran ketiga.

"Kami berada di grup yang tak terlalu berat, tapi tak juga ringan. Hal bagusnya, kami tak perlu bepergian jauh untuk melakoni pertandingan karena mayoritas lawan kami berada di ASEAN," kata Nishiro.

Hanya, untuk mewujudkan ambisinya itu, tak mudah. Nishiro berkejaran dengan waktu untuk menyiapkan tim lantaran partai pertama Grup G dimainkan pada 5 September 2019, melawan tim yang saat ini dianggap sebagai rival sengit: Vietnam.

Nishiro baru bisa mengumpulkan pemainnya secara lengkap setelah 26 Agustus 2019 atau setelah Thai League 2019 tuntas digelar. Alhasil, Nishino hanya punya setidaknya 10 hari saja untuk menyiapkan timnya, secara khusus untuk duel kontra Vietnam.

"Saya tak khawatir. Saya mendapat pertanyaan sama ketika mendapat tugas melatih Timnas Jepang, dua bulan sebelum Piala Dunia 2018 di Rusia. Kami bisa menembus 16 besar," ujar Nishino.

"Dari pengalaman saya di Jepang, saya yakin saya bisa meningkatkan level pemain-pemain Thailand. Saya akan menerapkan teknik sama yang saya gunakan di Jepang terhadap pemain Thailand. Saya berharap bisa mengalahkan Vietnam dan memimpin Timnas Thailand ke putaran final Piala Dunia," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Dukungan Semua Pihak

Meski begitu, pelatih yang membawa Kashiwa Reysol memenangi gelar J League musim 1999 itu juga menuntut pemain untuk mendukungnya.

Pemain juga harus mengembangkan diri sendiri. Saya sendiri tak akan bisa mencapai tujuan tanpa dukungan dari pemain, Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), dan fan, ujarnya.

Di sisi lain, Akira Nishino berkeras tak akan memboyong koleganya untuk mengisi staf pelatih Timnas Thailand. Ia menyebut lebih senang bekerja sama dengan tim pelatih yang dihuni orang-orang lokal Thailand.

Presiden FAT, Somyot Poompunmuang, menjanjikan pihaknya tak akan mengintervensi alias tak ikut campur dalam setiap keputusan yang diambil Akira Nishino terkait teknis tim asuhannya.

Sumber: The Nation

Video Populer

Foto Populer