Sukses


Renovasi Selesai Sesuai Target, Begini Penampakan Stadion Manahan

Bola.com, Solo - Renovasi Stadion Manahan, Solo tak lama lagi selesai. Progres renovasi telah mencapai 83 persen dan dipastikan selesai sesuai target pada September mendatang.

Stadion kebanggaan masyarakat Kota Bengawan ini dibongkar untuk menjadi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) mini pada Agustus 2018. Dana Rp301 miliar digelontorkan oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang pengerjaannya oleh PT Adhi Karya.

Bola.com kembali berkesempatan mengikuti sidak Stadion Manahan yang dilakukan Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Rabu (24/7/2019). Saat sidak pertama pada 26 Februari lalu, progres pembangunan baru mencapai 35 persen.

Kini semua berubah total. Stadion yang merupakan markas klub Persis Solo semakin menawan untuk dipandang. Hampir seluruh bagian stadion sudah lengkap. Hamparan rumput berjenis Zoysia Matrella tumbuh subur dengan pemotongan rapi.

Hampir seluruh tribune penonton sudah terpasang kursi. Single seat Stadion Manahan membentuk motif batik Kawung. Meski secara kapasitas turun menjadi sekitar 20 ribu kursi, stadion ini dipasangi kursi di seluruh tribune.

Atap Stadion juga hampir terpasang melingkar. Dua big screen sekaligus untuk papan skor elektronik berukuran raksasa, telah terpasang di tribune sisi utara dan selatan dan menampilkan tayangan proses renovasi Stadion.

Lampu dengan daya mencapai 1500 lux juga sudah terpasang dan sempat dicoba pada malam hari beberapa waktu lalu. Area luar lapangan telah diaspal sebagai dasaran, sebelum dipasang lintasan lari, mengingat Stadion Manahan bertipe olimpik.

2 dari 2 halaman

Dilengkapi Jacuzzi

Ruangan ganti pemain berukuran luas. Meski locker room belum terpasang utuh, perlengkapan ruang ganti sudah lengkap dengan shower mewah dan jacuzzi.

Di depan masing-masing ruang ganti pemain, terdapat ruang untuk pemanasan yang dilengkapi rumput sintetis layaknya lapangan futsal. Ruang konferensi pers dan ruang kerja para peliput, juga dalam tahap akhir pengerjaan.

"Proses pengerjaan on schedule dan malah lebih cepat. Kami targetkan bukan September sudah selesai 100 persen, kemudian masa pemeliharaan dua hingga tiga bulan. Maka Stadion Manahan baru benar-benar bisa difungsikan di bulan Desember," terang Manajer proyek renovasi Stadion Manahan, Soni Ariawan, Rabu (24/7/2019).

Proses renovasi Stadion Manahan dimulai pada bulan Agustus 2018 yang hampir merubah total bangunan. Pengerjaan proyek ini melibatkan 500 pekerja, dengan sistem shift hingga malam hari.

Video Populer

Foto Populer