Rahasia Persiraja Jadi Klub Disegani di Grup Barat Liga 2 2019

Oleh Gatot Susetyo pada 26 Jul 2019, 13:15 WIB
Diperbarui 26 Jul 2019, 13:15 WIB
Persiraja Banda Aceh
Persiraja tampil di Grup Barat Liga 2 2019. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Bola.com, Kediri - Persiraja Banda Aceh membukukan catatan apik pada penyisihan Grup Barat Liga 2 2019. Di antara 23 kontestan kompetisi kasta kedua Indonesia ini, Persiraja mencatatkan rekor sebagai satu-satunya klub yang belum tersentuh kekalahan  dalam enam pertandingan secara beruntun. 

Padahal, tim asuhan Hendri Susilo ini tak diperkuat pemain berlabel bintang atau jebolan Liga 1. Sang arsitek  tim pun membuka rahasia Persiraja Banda Aceh jadi klub paling disegani di grup ini. 

"Banyak penyebab kenapa kami bisa berprestasi hingga saat ini. Menurut saya, paling berpengaruh adalah materi pemain lokal asli Aceh yang ada di tim ini. Sebagai putra daerah, mereka punya ikatan primordial tinggi untuk mengharumkan daerahnya," ungkap Hendri Susilo. 

Faktor lain, lanjut mantan pelatih Persisam di era ISL ini, Persiraja mempertahankan mayoritas pemain musim lalu yang mampu menembus babak 8 besar Liga 2 2018.

"Dengan materi lama, otomatis kekompakan tim sudah terbentuk. Saya hanya memoles sedikit permainan sesuai strategi saya inginkan. Alhamdulillah, pemain bisa menjalankannya," tutur Hendri Susilo. 

Sosok yang musim lalu menukangi PSPS ini mengungkapkan Persiraja Banda Aceh sebenarnya bukan tim kaya.

"Kami malah hidup sederhana. Gaji pemain juga standar. Gaji saya bahkan mungkin setara asisten pelatih klub Liga 2 di Pulau Jawa. Tapi, gaji kami lancar. Karena kesederhanaan itu, mungkin kami seperti keluarga," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Putar Pemain

Persiraja Banda Aceh
Pemain Persiraja Banda Aceh dalam perjalanan di pesawat menuju Kuala Lumpur. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Pelatih yang berdomisili di Kota Batu, Malang, ini menjelaskan sejatinya dari 27 pemain yang dimiliki Persiraja, hanya 16 orang yang siap berlaga. 

"Sesungguhnya pemain utama kami hanya 16 saja. Sisanya belum layak tampil. Akhirnya 16 pemain itu saya putar-putar sesuai strategi. Tapi. saya beruntung, hampir semua pemain bisa menempati dua sampai tiga posisi," ucap Hendri Susilo. 

Keuntungan lainnya, diakui atau tidak, keberhasilan Persiraja karena saat tandang mereka menghadapi tim yang dinilai lemah. Sisanya, mereka empat kali menang di kandang. 

"Jadwal memang berpengaruh. Tapi, saya tetap menganggap keberhasilan ini karena perjuangan pemain. Saya tetap minta mereka rendah hati dan terus kerja keras karena grup ini juga keras," katanya.

 

Hasil Pertandingan Persiraja Hingga Pekan ke-7 Liga 2 2019

Persibat vs Persiraja 1-0

PSPS vs Persiraja 1-2

Persiraja vs Perserang 2-1

Persiraja vs Cilegon United 2-1

PSGC vs Persiraja 2-3

Persiraja vs Persita 1-0

Persiraja vs Blitar United 2-1

Lanjutkan Membaca ↓