Sukses


Jacksen Tiago Ambisius Menghadapi Duel Klasik Kontra 3 Eks Klub Perserikatan

Bola.com, Kediri - Jacksen Tiago sangat serius menyiapkan skuat Persipura Jayapura untuk menghadapi tiga mantan klub Perserikatan.

Pelatih asal Brasil itu bahkan secara khusus menggodok Boaz Solossa dkk. di Surabaya dalam persiapan tiga partai tandang beruntun Persipura Jayapura di Shopee Liga 1 2019, yakni melawan Persebaya Surabaya (2/8/2019), PSIS Semarang (9/8/2019), dan PSM Makassar (6/8/2019). 

"Saya tahu sejarah sepak bola Indonesia, baik era Perserikatan maupun Galatama. Pada Liga 1 musim ini ada beberapa klub eks Perserikatan, trmasuk tiga tim yang akan dihadapi Persipura. Makanya, saya sangat tertantang membawa Persipura bisa mengungguli mereka," ujar Jacksen Tiago. 

Mantan arsitek Barito Putera ini terus menyiapkan pasukannya dengan latihan intensif di Lapangan Unesa Surabaya. 

"Saya tak mungkin lagi menggenjot fisik pemain. Saya fokus tingkatkan kerja sama tim. Komunikasi antarpemain juga sangat krusial. Jika chemistry antarpemain telah menyatu, saya yakin pola apa pun akan bisa jalan," jelasnya. 

Khusus menghadapi Persebaya, Jacksen Tiago punya rekor bagus selama dua musim terakhir ketika membesut Barito Putera. Di bawah sentuhan Jacksen Tiago saat itu, Laskar Antasari dalam empat pertemuan hanya sekali mengalami kekalahan. Jacksen bahkan pernah menundukkan Bajul Ijo di Surabaya. 

"Rekor tetap punya pengaruh karena itu bisa jadi motivasi saya mengulanginya bersama Persipura Jayapura. Tapi, kekuatan Persebaya saat ini berbeda dibanding dua musim lalu. Saya harus mencari formula lagi," ucapnya.

2 dari 2 halaman

2 Pertandingan Tertunda

Sekadar mengingatkan, sesuai jadwal awal, Persipura semestinya menjalani laga tandang tunda pekan keempat melawan PSM pada Kamis (25/7/2019).

Lantaran tim tuan rumah tampil di final leg kedua partai final Piala Indonesia 2018 kontra Persija Jakarta pada Minggu (28/7/2019), pertandingan PSM versus Persipura ditunda menjadi 6 Agustus 2019.

Kemudian, partai pekan ke-11 melawan Persija, juga mengalami penundaan dengan alasan sama. Namun, waktu anyar pertandingan Persipura melawan Persija itu belum ditentukan.

Alhasil, Persipura memilih menggelar latihan di Surabaya sembari menanti jadwal pertandingan melawan Persebaya, ketimbang pulang ke Jayapura selepas mengalahkan Bhayangkara FC 1-0 dalam laga pekan ke-10 di Bekasi (21/7/2019).

Video Populer

Foto Populer