Prediksi PSS Vs Barito Putera: Keluar dari Tren Negatif

Oleh Vincentius AtmajaGatot Susetyo pada 27 Jul 2019, 06:15 WIB
PSS Sleman Vs Barito Putera

Bola.com, Sleman - PSS Sleman tak mau berlama-lama terjerumus dalam tren negatif di Shopee Liga 1 2019. Tim Elang Jawa ingin keluar saat menjamu Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (28/7/2019).

Kemenangan menjadi hal yang mutlak bagi PSS Sleman dalam pertandingan pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 ini. Pasalnya, PSS menelan kekalahan beruntun dalam dua laga sebelumnya, masing-masing melawan PSIS Semarang (17/7/2019) dan Bali United (22/7/2019), dengan skor identik 1-3.

Bermain di kandang sendiri bisa membuat misi PSS merealisasikan kemenangan jadi lebih mudah. Namun, mereka dihadapkan pada situasi lain, yakni tak kompletnya skuat untuk menjamu Barito.

Striker andalan asal Ukraina, Yevhen Bokhasvili, dipastikan absen karena skorsing akumulasi kartu kuning. Bek Alfonso De La Cruz dan striker Kushedya Hari Yudo juga masih diragukan bisa tampil.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro masih memiliki beberapa pemain alternatif sebagai pengganti. Purwaka Yudi atau Ikhwan Ciptady berpeluang mengisi posisi yang ditinggalkan Alfonso untuk diduetkan dengan Asyraq Gufron.

Sementara posisi Kushedya Hari Yudo bisa diisi Haris Tuharea atau striker muda Arsyad Yusgiantoro, jika Seto masih belum yakin dengan striker senior Rudi Widodo.

Brian Ferreira dipastikan kembali menjadi nyawa permainan tim, setelah absen di pertandingan melawan Bali United. Pemain berpaspor Irak ini akan berkolaborasi dengan gelandang Ricky Kambuaya, Guilherme Felipe de Castro, dan winger muda Irkham Zahrul Mila.

Try Hamdani berpeluang kembali dipercaya mengawal mistar gawang PSS, setelah Ega Rizky kebobolan tiga gol Bali United.

"Saya minta pemain untuk tampil enjoy, happy, dan tanpa beban. Barito tim besar, sementara kami banyak pemain dari Liga 2, bisa menjadi batu loncatan makin berkembang," katanya.

PSS boleh berbangga dengan rekor pertemuan terakhir melawan Barito Putera. Tim Elang Jawa pernah menyingkirkan Laskar Antasari di babak ketiga Piala Indonesia 2018. PSS unggul 2-1 di kandang Barito (23/1/2019) dan bermain imbang di Stadion Maguwoharjo (31/1/2019).

Meski begitu, Seto tetap menganggap Barito Putera sebagai tim berkualitas.

"Mereka tim solid, banyak pemain berpengalaman di Timnas. Namun, dengan keterbatasan yang ada di PSS Sleman, kami siap memberikan perlawanan," beber pelatih asal Kalasan, Kabupaten Sleman, itu.

2 of 3

Strategi Ampuh

Barito Putera
Barito Putera di Liga 1 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Sementara pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, tetap optimistis tim asuhannya bisa mendapatkan poin dari lawatan kali ini. Meski, mereka tak diperkuat bomber asal Brasil, Rafael Silva, yang sedang onfire

"Kami punya penyerang lainnya untuk mengisi posisi Rafael Silva. Masih ada Samsul Arif, yang bisa jadi andalan kami meraih poin di Sleman. Saya selalu optimistis pada setiap pertandingan yang akan dijalani Barito Putera," kata Yunan Helmi. 

Komposisi yang selama ini diterapkan mantan asisten Timnas Indonesia U-22 ini bila ada salah seorang striker yang absen atau mulai menurun dalam sebuah pertandingan, Yunan Helmi memasukkan Gavin Kwan Adsit. Strategi ini bisa dibilang ampuh. 

Namun, Yunan Helmi tak menyebut secara terang-terangan apakah taktik ini yang akan diterapkan menghadapi PSS. Dia juga menyebut Barito Putera telah berbenah setelah ditahan  tanpa gol oleh Persela di Martapura (22/7/2019).

"Pembenahan dan evaluasi selalu saya lakukan setelah pertandingan karena pertandingan berikutnya selalu menghadapi tim yang berbeda. Kami sudah pasti berbenah setelah melawan Persela. Saya kira pihak PSS juga melakukan hal sama untuk menjamu kami. Prinsipnya, kami siap melawan PSS. Kami ingin meraih hasil terbaik," ujar Yunan Helmi. 

Nazar Nurzaidin mewakili rekan satu tim bertekad tampil maksimal untuk mendapatkan poin. 

"Teman-teman siap mengeluarkan kemampuan terbaik. Kami datang ke Sleman ingin meraih kemenangan. Kami juga sudah melupakan pertandingan melawan Persela. Kami harus menatap laga berikutnya," ucapnya.

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-4-2): Try Hamdani (kiper); Bagus Nirwanto, Purwaka Yudi, Asyraq Gufron, Derry Rachman (belakang); Guilherme Felipe de Castro, Brian Ferreira, Ricky Kambuaya, Irkham Zahrul Mila (tengah); Arsyad Yusgiantoro, Haris Tuharea Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Arthur Jesus Vieira, Lucas Silva, Andri Ibo, Nazar Nurzaidin (belakang); Rizky Pora, Bayu Pradana, Evan Dimas Darmono (tengah); Samsul Arif, Paulo Sitanggang, Yakob Sayuri (depan) Pelatih: Yunan Helmi

Lanjutkan Membaca ↓