Sukses


Merasa Gagal, Mantan Bintang Persija Mundur dari Persatu

Bola.com, Kediri - Kerasnya persaingan antarklub Liga 2 2019 kembali memakan korban. Purwanto Suwondo memutuskan mengundurkan diri sebagai pelatih kepala Persatu Tuban.

Mantan striker Persija Jakarta itu menyerahkan mandat kepada manajemen, setelah Persatu Tuban ditahan Persis 1-1 di Stadion Bumi Wali Tuban, Rabu (24/7/2019). 

Itu merupakan hasil buruk keempat kali dialami Laskar Ronggolawe pada laga kandang. Di awal kompetisi, Danu Rosade dkk. langsung dipermalukan Persewar 0-1. Berikutnya, mereka ditahan Sulut FC 1-1 dan ditundukkan PSIM 1-2.

"Saya mundur, karena saya merasa gagal. Saya tak bisa mengangkat prestasi tim ini. Konsekuensi sebagai profesional, saya harus secara kesatria mengakui kegagalan ini. Semoga manajemen menemukan pengganti yang lebih baik," kata Purwanto. 

Hasil negatif ini bertolak belakang dengan raihan Persatu saat uji coba pramusim. Tim promosi dari Liga 3 2018 ini menang atas PSCS Cilacap di Stadion Wijayakusuma, Cilacap. Berikutnya, Persatu Tuban bermain imbang ketika tandang ke markas Persik Kediri.

"Saya tak tahu dengan penampilan pemain kok terus menurun di kompetisi. Padahal, kami sangat menjanjikan di pramusim. Saya sempat optimistis tim ini akan bisa bersaing di Liga 2. Tapi, ternyata perkiraan saya meleset. Klub-klub lain punya kualitas bagus," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Pengganti Purwanto

Manajemen Persatu pun bergerak cepat dengan menunjuk Bambang Sumantri sebagai pengganti Purwanto Suwondo. Ujian langsung ada di depan mata mantan pelatih Persebo itu, karena Persatu akan menjalani partai tandang melawan Persik di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Senin (29/7/2019).

Persatu Tuban saat ini masih terpuruk di dasar klasemen sementara Grup Timur Liga 2 2019 dengan koleksi empat poin.

Purwanto, mantan tandem Bambang Pamungkas di Persija kini menjadi pelatih PSBI Blitar. (Bola.com/Robby Firly)

Video Populer

Foto Populer