Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia U-15 Setelah Ditahan Timor Leste

Bola.com, Bangkok - Tren kemenangan beruntun Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019 terhenti pada pertandingan ketiga melawan Timor Leste, Rabu (31/7/2019). Pasukan Bima Sakti harus puas bermain imbang dengan skor 1-1.

Hasil imbang ini tak mengubah posisi Timnas Indonesia U-15 di peringkat kedua dengan raihan tujuh poin. Adapun Timor Leste masih kukuh di puncak klasemen karena unggul selisih gol dengan jumlah poin sama.

Gol Timnas Indonesia U-15 dilesakkan Marselino Ferdinan di menit ke-45. Sementara gol balasan Timor Leste lahir dari Paulo da Freitas di menit ke-53.

Timnas Indonesia U-15 sebetulnya memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan ini karena mendapat hadiah penalti. Sayang eksekusi Mochamad Faizal gagal menjalankan tugasnya dengan baik setelah tembakannya mampu diblok oleh kiper lawan.

Timnas Indonesia U-15 sebetulnya lebih menguasai jalannya pertandingan di sisa waktu yang ada. Namun, gol yang mereka nantikan tak kunjung hadir hingga laga usai.

Terkait penampilan Timnas Indonesia U-15 di pertandingan ini, pengamat asal Jawa Timur, Hanafing, yang menyaksikan pertandingan lewat layar kaca memiliki rapor untuk setiap individu pemain Timnas Indonesia U-15.

Rapor pemain Timnas Indonesia U-15 ini dibuat berdasarkan penilaian subyektif pengamat, maka bisa saja berbeda dengan pembaca. Lantas seperti apa ulasan Hanafing terkait penampilan para pemain tersebut? Berikut rapor yang disusun oleh Hanafing:

 

2 dari 4 halaman

Pertahanan

Kiper

I Made Kadek Kaicen

Secara keseluruhan Kaicen tampil apik. Kiper muda Timnas ini lagi-lagi menunjukkan performa gemilang. Pembawaannya yang tenang serta ketepatan waktu saat memutuskan keluar dari sarang membuat perannya begitu kuat di bawah mistar.

Gol Timor Leste yang dicetak oleh Paulo da Freitas bukan karena kesalahannya, melainkan pemain belakang Timnas Indonesia U-15 yang gagal mengantisipasi pergerakan Freitas.

Nilai: 8

Bek

Alfin Lestaluhu

Pemain asal Ambon tampil baik di laga ini. Dibanding saat lawan Vietnam, ada kemajuan dari penampilannya di pertandingan lawan Timor Leste ini. Ia tak mudah dilewati oleh para pemain Timor Leste. Alfin juga bagus saat membantu serangan.

Nilai: 7,5

Mikael Alfredo Tata

Untuk ukuran pemain yang baru dimainkan di pertandingan ketiga, Alfredo nyaris tak membuat kesalahan di pertandingan ini. Ia bagus dalam menggalang pertahanan dan tak pernah salah dalam membaca pergerakan lawan.

Nilai: 7,5

Marcel Januar Putra

Satu-satunya kesalahan pemain ini dan berakibat fatal saat terlambat maju ketika Freitas menerima umpan, sehingga jebakan offside yang dilakukan Timnas Indonesia U-15 tidak berjalan efektif. Gawang Indonesia pun bobol akibat kesalahannya.

Nilai: 6,5

 

3 dari 4 halaman

Lini Tengah

Marselino Ferdinan

Gol yang ia cetak memperlihatkan kepiawaian dan naluri golnya yang sangat tinggi. Meski ia sempat gagal memanfaatkan peluang pertamanya, Marselino menebusnya di kesempatan kedua. Ia pemain masa depan Indonesia.

Nilai: 8

Ruy Arianto

Perannya di lini tengah Timnas Indonesia U-15 sangat sentral. Dia memegang peranan penting dalam memutus aliran bola lawan. Meski sempat kesulitan memenangi duel dengan pemain tengah Timor Leste, tapi perlahan-lahan meningkat dan liat.

Nilai: 7,5

Dimas Juliono Pamungkas

Sebagai gelandang Dimas cukup solid. Dia bisa bertahan dan menyerang sama baiknya. Hanya saja dibanding laga pertama dan kedua Timnas, Dimas seakan kesulitan menembus rapatnya pertahan Timor Leste.

Nilai: 7

Mochamad Faizal Shaifullah

Permainannya sangat menonjol di laga ini. Faizal berkali-kali berhasil melakukan determinasi di kotak penalti lawan. Sayang, penyelesaian Faizal kurang optimal.

Faizal juga gagal mengeksekusi penalti yang seharusnya bisa membuat Indonesia unggul, atau bahkan memenangkan pertandingan ini.

Nilai: 7

Wahyu Agong Drajat

Soliditas lini tengah Timnas Indonesia U-15 di laga ini salah satunya karena faktor Wahyu. Tipikalnya yang seorang petarung, membuat lini tengah Timnas Indonesia di laga ini cukup kuat.

Nilai: 7

 

4 dari 4 halaman

Lini Serang

Alexandro Felix Kamuru

Alex tidak bermain jelek, meski juga tidak bisa dibilang bagus. Di laga ini, ia beberapa kali berhasil menarik perhatian pemain belakang lawan, sehingga Faizal dan Ferdinan bisa melepaskan diri dari kawalan.

Nilai: 7

Muhammad Valeron

Valeron tumpul di pertandingan ini meski secara tim dia bermain baik. Valeron juga tidak dinaungi keberuntungan karena tembakannya di menit ke-39 hanya menerpa mistar gawang Timor Leste.

Nilai: 7 

Video Populer

Foto Populer