Hansamu Yama Mewaspadai Pengaruh Jacksen Tiago di Persipura

Oleh Aditya Wany pada 01 Agu 2019, 14:15 WIB
Diperbarui 01 Agu 2019, 14:15 WIB
Hansamu Yama dan Manuchekhr Dzhalilov
Bek Persebaya, Hansamu Yama (kiri) dan Manuchekhr Dzhalilov siap bertarung di Piala Presiden 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Stoper Persebaya, Hansamu Yama Pranata, sudah sembuh dari cedera punggung. Pemain berusia 24 tahun itu bakal tampil saat timnya menjamu Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (2/8/2019).

Hansamu cukup mengamati kiprah Persipura Jayapura, yang dalam dua laga terakhir ditangani pelatih Jacksen F. Tiago. Tim Mutiara Hitam selalu menang dalam dua pertandingan itu. Masing-masing menang 1-0 atas Madura United (16/7/20190 dan Bhayangkara FC (21/7/2019).

Hansamu mencatat kehadiran Jacksen sebagai pelatih baru sangat memberi dampak kepada Persipura. Meski menang tipis, Persipura belum pernah kebobolan selama di bawah arahan Jacksen.

"Persipura yang sekarang berbeda dengan sebelum dilatih coach Jacksen. Kita tahu hasilnya positif. Kebangkitan Persipura Jayapura patut diwaspadai," kata pemain asli Mojokerto itu.

Hansamu sudah tidak asing dengan Jacksen. Keduanya pernah bekerja sama di Barito Putera selama dua musim pada 2017-2018. Dia menilai Jacksen selalu memainkan permainan agresif, mengingat semasa bermain dulu berposisi sebagai penyerang.

2 dari 2 halaman

Pelatih Berkarakter

Jacksen F. Tiago
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago, saat menemui media di Restoran Bluegrass, Jakarta, Senin (4/11/2017). Dirinya akan membina 13 anak Maluku dalam pelatihan Liga Remaja UC News. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sebagai pemain belakang, Hansamu Yama cukup mewaspadai barisan lini depan Persipura, yang berbahaya. Tim asal Papua itu kini mengandalkan dua penyerang lokal yaitu produktif, yaitu Boaz Solossa dan Titus Bonai.

"Coach Jacksen itu pelatih yang punya karakter. Dia waktu main dulu berposisi sebagai striker dan permainan timnya lebih dominan di depan. Saya tidak ada persiapan khusus. Sama sih normal, seperti melawan siapapun, persiapan kami sama," imbuh Hansamu.

Sejak kembali di pentas nasional pada 2017, Persebaya sudah dua kali berjumpa Persipura. Hasilnya, Bajul Ijo belum berhasil menang. Persebaya ditahan 1-1 oleh Persipura saat bertindak sebagai tuan rumah pada musim lalu.

Lanjutkan Membaca ↓