Plus Minus Timnas Indonesia U-15 di Grup A Piala AFF U-15 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 03 Agu 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Agu 2019, 08:00 WIB
Timnas Indonesia U-15
Timnas Indonesia U-15. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-15 selangkah lagi lolos ke babak semifinal Piala AFF U-15 2019. Dari empat pertandingan babak penyisihan Grup A, skuat berjulukan Garuda Asia itu membukukan tiga kemenangan dan sekali imbang.

Otomatis, Timnas Indonesia U-15 berhasil mengoleksi sepuluh poin dari empat pertandingan. Garuda Asia kini berada di posisi kedua klasemen Grup A, di bawah Timor Leste dengan sepuluh poin dan di atas Vietnam yang mengumpulkan sembilan angka.

Mulanya, Timnas Indonesia U-15 diragukan dapat berbicara banyak di Piala AFF U-15. Armada Bima Saktu Tukiman menyongsong turnamen dengan persiapan kurang baik. Alexandro Felix Kamuru beberapa kali meraih hasil tidak maksimal pada partai uji coba.

Namun, keraguan tersebut mulai luntur tatkala Timnas Indonesia U-15 membungkam Vietnam 2-0 pada pertandingan pertama, berlanjut saat membantai Singapura 3-0, dan ditahan 1-1 oleh Timor Leste.

Teraktual, Timnas Indonesia U-15 berpesta empat gol tanpa balas ke gawang Filipina pada partai ketiga. Kini, setelah hampir menuntaskan babak penyisihan grup dengan baik, Garuda Asia diunggulkan untuk menjadi juara Piala AFF U-15.

2 dari 4 halaman

Produktif

Marselino Ferdinan, Timnas Indonesia U-15
Marselino Ferdinan sejauh ini sudah menyumbang tiga gol dalam tiga laga Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF 2019.

Timnas Indonesia U-15 berhasil menciptakan sepuluh gol dari empat pertandingan. Empat di antaranya dibukukan oleh Marselino Ferdinan, yang berposisi sebagai gelandang serang.

Enam gol lainnya bersumber dari Wahyu Agong Drajat Mulyono (2 gol), Alexandro Felix Tamuru, Marcell Januar Putra, Mochama Faizal Shaifullah, dan Muhammad Valeron.

3 dari 4 halaman

Kuat di Belakang

Timnas Indonesia U-15
Singkatnya jeda antarpertandingan membuat pelatih Bima Sakti bakal melakukan rotasi pemain Timnas Indonesia U-15 saat menghadapi Singapura (28/7/2019). (dok. PSSI)

Dari empat pertandingan, Timnas Indonesia U-15 baru kebobolan sekali. Satu gol tersebut bersarang saat Timnas Indonesia U-15 bermain 1-1 melawan Timor Leste pada pertandingan ketiga.

Dipimpin oleh kapten Marcell Januar Putra di lini belakang, I Made Putra Kaicen sebagai pemain yang berdiri di bawah mistar gawang terbilang nyaman dari berbagai serangan tim lawan. Tangguhnya lini belakang menjadi salah satu kunci ketangguhan Garuda Asia di turnamen ini.

4 dari 4 halaman

Kurang Efektif Memanfaatkan Peluang

Timnas Indonesia U-15
Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019. (dok. PSSI)

Di setiap pertandingan, Timnas Indonesia U-15 kerap banjir kesempatan. Namun, hanya beberapa peluang yang terlahir menjadi gol.

Oleh sebab itu, Timnas Indonesia U-15 masih perlu melatih penyelesaian akhir, meski telah mengumpulkan sepuluh gol dari empat pertandingan.

Terdekat, Garuda Asia bakal menghadapi Myanmar pada Minggu (4/8/2019) di Stadion Kampus 1 Chonburi, sebelum bertanding di babak semifinal apabila lolos dari penyisihan grup.

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Kemenangan Timnas Indonesia atas Bali United 3-1, Sebuah Assist Cantik Tercipta