Hal yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-15 dari Thailand Versi Raja Isa

Oleh Abdi Satria pada 06 Agu 2019, 13:45 WIB
Diperbarui 06 Agu 2019, 13:45 WIB
Timnas Indonesia U-15
Marselino Ferdinan sejauh ini sudah menyumbang tiga gol dalam tiga laga Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF 2019.

Bola.com, Makassar - Timnas Indonesia U-15 diprediksi akan terlibat duel sengit melawan Timnas Thailand U-15 pada semifinal Piala AFF U-15 2019 di Institute of Physical Education Chonburi Campus 1, Chonburi, Rabu (7/8/2019).

Meski menghadapi tuan rumah, skuat asuhan pelatih Bima Sakti itu tetap berpeluang melangkah ke partai puncak. 

Penampilan di penyisihan Grup B jadi acuan. Timnas Indonesia U-15 menjadi juara grup dengan catatan empat kali menang dan sekali imbang. Tim Garuda Muda jadi tim paling produktif dengan memasukkan 15 gol dan hanya kemasukan satu gol.

Di mata Raja Isa, mantan pelatih Persipura Jayapura dan PSM Makassar, kelebihan Indonesia adalah kualitas yang merata dan postur pemain ideal.

Hal ini yang membuat Timnas Indonesia U-15 terlihat bagus dalam menyerang dengan memanfaatkan umpan silang ke gawang lawan plus mendapatkan gol lewat bola mati.

"Yang harus dilakukan Indonesia adalah lini belakang harus fokus. Terutama pada menit-menit awal karena Thailand sangat piawai dalam melakukan serangan balik," ujar Raja Isa kepada Bola.com, Selasa (6/8/2019).

Mengacu pada penampilan Thailand pada penyisihan grup, Raja Isa yang sudah mengantongi lisensi Pro-AFC ini, menilai tuan rumah memiliki penyelesaian bola yang bagus dengan skema serangan balik cepat.

"Kecepatan pemain mereka juga baik. Akurasi umpan jauh Thailand terbilang bagus," jelas Raja Isa.

2 dari 2 halaman

Wajib Menang di Waktu Normal

Timnas Indonesia U-15
Timnas Indonesia U-15 melaju ke semifinal Piala AFF U-15 2019 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 5-0. (dok. PSSI)

Seperti halnya Marselino Ferdinan dkk., Thailand pun memiliki pemain dengan postur ideal dan kuat.

"Tendangan dari luar kotak penalti mereka pun wajib diwaspadai," imbuh Raja Isa seraya merujuk daftar top scorer sementara Piala AFF U-15.

Dua pemain Thailand, Kakana Khamyok dan Minhart Kadeeroj, sama-sama sudah mencetak tiga gol buat timnya. Keduanya hanya kalah dua gol dari pemain tersubur Timnas Indonesia U-15, Marselino Ferdinan.

Raja Isa berharap Timnas Indonesia U-15 bisa memastikan kemenangan di waktu normal.

"Karena kalau pertandingan dilanjutkan pada babak tambahan waktu, saya menilai Thailand sedikit lebih berpeluang menang," pungkas Raja Isa mengakhiri pembicaraan.

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Kemenangan Timnas Indonesia atas Bali United 3-1, Sebuah Assist Cantik Tercipta