Piala Indonesia, Satu dari Sedikit Trofi yang Belum Pernah Diraih Bambang Pamungkas bersama Persija

Oleh Muhammad AdiyaksaAbdi Satria pada 06 Agu 2019, 21:10 WIB
Bambang Pamungkas

Bola.com, Jakarta - Koleksi trofi Bambang Pamungkas selama 17 tahun berkarier di Persija Jakarta hampir lengkap. Ada satu dari sedikit gelar yang belum pernah diraihnya. Trofi tersebut bernama Piala Indonesia.

Bambang berkesempatan untuk meraih gelar Piala Indonesia untuk pertama kalinya bagi dirinya dan tim ibu kota ketika tampil di partai final melawan PSM Makassar. Dilangsungkan dengan dua leg, tim berjulukan Macan Kemayoran itu kalah 1-2 secara agregat.

Persija Jakarta bermodal kemenangan 1-0 pada leg pertama final Piala Indonesia 2018 sebelum takluk 0-2 pada pertemuan kedua di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Selasa (6/8/2019).

"Betul sekali, gelar Piala Indonesia adalah satu-satunya penghargaan baik secara tim maupun pribadi yang belum pernah kami raih," ujar Bepe, sapaan karib Bambang Pamungkas, pada konferensi pers setelah pertandingan kontra PSM.

Secara individu, Bepe pernah didaulat menjadi pencetak gol terbanyak Liga Indonesia pada 1999, pemain terbaik Liga Indonesia pada 2001, dan pemain terbaik Copa Indonesia, nama terdahulu Piala Indonesia, pada 2008.

Dengan Persija, pemain berusia 40 tahun ini dua kali meraih gelar Liga Indonesia pada 2001 dan 2019.

"Juara Liga Indonesia pernah, pemain terbaik Liga Indonesia pernah, top scorer Liga Indonesia pernah, pemain terbaik Copa Indonesia pernah, hanya juara Piala Indonesia yang belum pernah," lanjut Bepe.

"Seandainya tadi Persija Jakarta menjuarai Piala Indonesia, akan menjadi penutup yang luar biasa bagi karier saya. Tapi, saya belum tentu pensiun," tutur Bepe.

2 of 2

Persija Tampil Luar Biasa di Mata Bepe

Bambang Pamungkas
Bambang Pamungkas (kiri) dan Ismed Sofyan di acara salah satu sponsor tim, Specs di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (10/12/2018). (Istimewa)

Ketika kalah 0-2 dari PSM, Bepe tampil di pertengahan babak kedua untuk menggantikan Riko Simanjuntak. Eks pemain Pelita Bandung Raya (PBR) ini tetap memuji kerja keras rekan-rekannya.

"Saya mengapresiasi pemain Persija yang tampil luar biasa, walau hasilnya tidak sesuai harapan," kata Bepe.

"Selamat untuk PSM setelah 19 tahun, akhirnya kembali juara. Kedua tim tampil baik. Wasit (Fariq Hitaba) juga memimpin dengan baik. Ini final yang menarik."

"Sekarang kami lupakan hasil ini dan fokus ke Shopee Liga 1 2019 untuk memperbaiki posisi Persija," ucap Bepe.

Lanjutkan Membaca ↓