Prediksi Kalteng Putra Vs Arema: Bukan Laga Ulang Piala Presiden 2019

Oleh Iwan Setiawan pada 07 Agu 2019, 06:30 WIB
Kalteng Putra Vs Arema FC

Bola.com, Palangka Raya - Kalteng Putra menjamu lawan yang kuat dalam laga pekan ke-13 Shopee Liga 1 di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Rabu (7/8/2019). Arema FC menjadi tamu yang datang untuk mengulang cerita sukses di semifinal Piala Presiden 2019. Namun, Kalteng Putra tak ingin laga ini menjadi ulangan dari Piala Presiden 2019.

Kalteng Putra dua kali takluk dari Arema dengan agregat 0-6 pada semifinal Piala Presiden 2019. Kekalahan itu sangat menyakitkan karena Arema yang akhirnya keluar sebagai juara turnamen pra musim tersebut.

Namun, pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, menegaskan jika hal itu tidak bisa menjadi ukuran lagi karena atmosfer kompetisi berbeda dengan turnamen pramusim. Ada dua hal yang membuat mereka lebih diuntungkan saat ini, yakni bermain di Palangka Raya dan punya waktu recovery lebih ideal.

“Kami sudah menjalani pertandingan melelahkan melawan Semen Padang. Tapi, ada waktu recovery yang cukup. Waktu itu juga untuk melakukan evaluasi beberapa kesalahan agar tidak terulang kembali,” kata pelatih asal Basil tersebut.

Kalteng punya modal bagus karena mereka baru saja memutus 5 kekalahan beruntun. Mereka baru saja memetik kemenangan 2-0 atas Semen Padang dalam laga perdana mereka di Tuah Pahoe di Liga 1 2019.

Arema pun datang dengan tren yang bagus. Tiga pertandingan baru saja dilalui tanpa kekalahan. Tapi minusnya, mereka dalam kondisi kelelahan karena padatnya jadwal. Ditambah lagi sekarang ada lima pemain inti yang absen, yakni Hamka Hamzah, Sylvano Comvalius, Dedik Setiawan, Ahmad Alfarizi, Jayus Hariono dan Ricky Ohorella.

Gomes mengakui hal itu menjadi keuntungan tersendiri bagi timnya. Namun dia tidak ingin pemainnya lengah. I Gede Sukadana dkk. diminta tetap menjaga fokus untuk menghadapi pertandingan lebih serius.

“Ada pemain yang absen di Arema memang keuntungan bagi kami. Tapi, mereka tetap punya pengganti yang bagus. Sekarang waktunya pemain kami kerja habis-habisan lagi untuk dapat tiga poin,” jelas mantan pelatih Madura United ini.

 

 

2 of 3

Arema Tak Punya Alasan untuk Tampil Buruk

Kendati datang tanpa skuat terbaik dengan absennya sejumlah pemain inti, Arema dipastikan tidak akan tampil main-main di Palangka Raya. Pengalaman tampil pincang dalam sejumlah pertandingan menjadi alasan Arema pasti bisa tampil maksimal meski kehilangan sejumlah pemain penting.

Hamka Hamzah, Sylvano Comvalius, Dedik Setiawan, Ahmad Alfarizi, Jayus Hariono, dan Ricky Ohorella memang merupakan pemain penting, tapi keberadaan pemain lain seperti Agil Munawar, Ricky Kayame, Arthur Cunha, dan Makan Konate diyakini bisa mengatasi permainan Kalteng Putra.

"Kami percaya dengan pemain yang ada. Ada Ricky Kayame, Rifaldi Bawuoh, Agil Munawar dan pemain lain yang bisa memanfaatkan kesempatan bermain dengan baik,” jelas pelatih Arema, Milomir Seslija.

Bicara soal kekuatan Kalteng Putra, Milo mengakui jika posisi di klasemen bukan jadi gambaran kekuatan tim. Tuan rumah yang sempat terlempar ke papan bawah dinilai tetap tim yang berbahaya.

“Pemain lokal dan asingnya bagus. Tentunya besok akan jadi pertandingan yang bagus juga,” sambungnya.

Dengan pengalaman meraih kemenangan dalam dua laga di Piala Presiden 2019, Arema pun membidik tiga poin dalam laga kali ini.

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-2-1-3): David Ariyanto (kiper); Fajar Handika, OK John, Bonfim,  Kevin Gomes (belakang); I Gede Sukadana, Rizky Dwi; Hedipo Gustavo (tengah); Ferry Pahabol, Patrich Wanggai, Diogo Campos (depan).

Pelatih: Gomes de Oliviera

Arema FC (4-2-3-1): Kartika Ajie (kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Ikhfanul Alam, Agil Munawar (belakang); Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi; Dendi Santoso, Makan Konate, Rifaldi Bawuoh (tengah); Ahmad Nur Hardianto (depan).

Pelatih: Milomir Seslija.

Lanjutkan Membaca ↓