Sukses


Prediksi Borneo FC Vs PSM: Pembuktian Juku Eja Setelah Menjuarai Piala Indonesia

Bola.com, Samarinda - Borneo FC dan PSM Makassar sama-sama optimistis meraih tiga poin saat bertemu pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (10/8/2019). Keduanya wajib membukukan tiga poin. 

Di kubu Borneo FC, Pesut Etam ingin meraih tiga poin perdana setelah selalu bermain imbang pada tiga laga terakhir. Berawal dengan bermain imbang 1-1 di markas Badak Lampung FC (22/7/2019) kemudian dua kali beruntun ditahan 2-2 oleh Persela Lamongan (29/7/2019) dan PSS Sleman (4/8/2019).

Menghadapi PSM, pelatih Borneo, Mario Gomez lebih leluasa meracik strategi. Khususnya di lini belakang yang tercatat lima kali kebobolan pada tiga laga terakhir. Duet stoper Javlon Guseynov dan Wildansyah kembali bisa bermain. Begitu pun dengan kapten tim, Diego Michiels yang baru pulih dari cedera.

Pesut Etam butuh lini belakang yang solid untuk meredam agresivitas pemain Juku Eja. Bila berjalan lancar, tekad Mario Gomez membawa skuatnya menang kemungkinan besar terwujud. Berbeda dengan lini belakang, lini serang Borneo FC terbilang produktif dengan koleksi lima gol dari tiga partai terakhir.

"Saya respek dengan PSM Makassar yang baru saja menjuarai Piala Indonesia. Tentu semangat dan motivasi mereka kian berlipat di Liga 1. Tapi, kali ini Borneo wajib menang di kandang sendiri," tegas Gomez.

Peluang Borneo FC pada pertandingan besok memang sedikit lebih baik dari PSM. Selain faktor dukungan penonton, PSM datang ke Samarinda tanpa sejumlah pemain starternya. Sebut saja Wiljan Pluim dan Benny Wahyudi yang diparkir di Makassar karena terkendala kebugaran.

Aaron Evans absen karena sanksi kartu merah. Begitu pun dengan Guy Junior yang tengah menjalani perawatan intensif pada cedera engkelnya.

PSM juga tidak membawa striker Eero Markkanen karena menjalani sanksi kartu merah.Meski diatas angin, Gomez merasa perlu mengingatkan skuatnya agar waspada. Karena dimata eks pelatih Persib Bandung ini, PSM memiliki kedalaman materi yang baik.

"Musim ini mereka bermain pada tiga ajang. PSM Makassar tidak selalu tampil dengan kekuatan terbaiknya. Tapi, saya melihat pencapaian mereka terbilang baik," kata Gomez.

2 dari 3 halaman

PSM Percaya Diri

PSM Makassar datang ke Samarinda dengan modal kepercayaan diri yang besar usai menjuarai Piala Indonesia. Pelatih Juku Eja, Darije Kalezic juga menegaskan para pemainnya sudah terbiasa dengan jadwal padat yang menguras stamina dan fisik.

Bermain tanpa formasi starter lengkap juga bukan kendala buat PSM. Pengganti Evans misalnya, Darije memiliki opsi pada diri Munhar dan Hasim Kipuw sebagai pendamping Abdul Rahman di posisi bek sentral.

Sementara, absennya Benny sudah diantisipasi Darije dengan menugaskan Taufik Hidayat yang memang spesialis bek kiri.Begitu pun ditengah.

Absennya Wiljan Pluim diyakini tidak membuat kekuatan lini tengah PSM berkurang. Malah, ritme penampilan PSM kerap lebih cepat tanpa Pluim. Di lini tengah, ada Marc Klok, Rizky Pellu, M. Arfan dan Rasyid Bakri yang semuanya bertipe gelandang pekerja keras.

Tanpa Guy dan Markkanen, PSM tetap tajam menyusul membaiknya kondisi Ferdinand Sinaga, top scorer sementara PSM di Liga 1 2018. Ferdinand bakal ditopang oleh penyerang sayap yang memiliki kecepatan dan piawai mengocek bola seperti M. Rahmat, Bayu Gatra, dan Zulham Zamrun.

Khusus buat Zulham, eks winger Persib Bandung tengah berada dalam kondisi mental yang baik usai meraih gelar pemain terbaik dan top skorer di Piala Presiden.

Itulah mengapa Darije yakin skuatnya bisa memutus catatan minor tak pernah menang pada laga tandang Liga 1 musim ini. Dari tiga partai di markas lawan, PSM bermain imbang tanpa gol dengan PS Tira Persikabo (29/5/2019), kalah 0-2 dari Madura United (4/7/2019) dan takluk 0-1 dari Bali United (1/8).

"Menghadapi Borneo adalah momentum PSM untuk bangkit. Apalagi setelah juara Piala Presiden, kami hanya fokus pada Liga 1," pungkas Darije.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata; Diego Michel, Javlon Guseynov, Wildansyah, Fathurrahman; Asri Akbar, Dirga Lasut, Renan Silva; Ambrizal Umanailo, Lerby Eliandry, Terens Puhiri

Pelatih: Mario Gomez

PSM (4-3-3): Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Munhar, Abdul Rahman, Taufik Hidayat; M. Arfan, Rizky Pellu, Marc Klok; M. Rahmat, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun

Pelatih Darije Kalezic

Video Populer

Foto Populer