Sukses


Hadapi Brunei Darusalam, Timnas Indonesia U-18 Punya Kans Jajal Pemain Pelapis

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-18 akan menghadapi salah satu tim lemah, Brunei Darusalam, pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 di Ho Chi Minh City, Vietnam, Sabtu (10/8/2019).

Pelatih Persipura U-20, Toni Ho, pertandingan tersebut bisa dimanfaatkan pelatih Fakhri Husaini untuk merotasi pemain. Sang pelatih bisa menjajal pemain yang pada dua laga sebelumnya hanya jadi penghangat bangku cadangan.

"Semua pelatih pasti ingin memperoleh hasil terbaik pada tiap pertandingan. Tapi, jika melihat jadwal yang sangat padat, tak ada salahnya Fakhri Husaini menurunkan pemain cadangan," kata Toni Ho, Jumat (9/8/2019). 

"Tentu saja kebijakan itu tak dilakukan sembarangan. Harus disesuaikan dengan strategi, setelah menganalisis kekuatan Brunei," imbuh dia. 

Menurut Toni, strategi rotasi akan membuat Fakhri Husaini tahu kualitas pemain pelapis. Alhasil, dia bisa tahu pemain yang tepat untuk dimainkan ketika ada pemain inti Timnas Indonesia U-18 yang absen di partai berikutnya.

"Fakhri Husaini sudah tahu bagaimana bila ingin melakukan hal tersebut. Dia pasti tak akan membongkar fomasi inti Timnas Indonesia U-18 yang tak bisa diutak-atik lagi. Namun dia bisa menyisipi sektor tertentu dengan cadangan," tutur Toni Ho.

 

2 dari 2 halaman

Kualitas Setara

Pria asal Makasar itu juga yakin pemain Timnas Indonesia U-18 yang dibawa ke Vietnam punya kualitas setara.

"Fakhri Husaini pasti hanya merekrut pemain terbaik di timnya. Artinya, semua pemain memiliki kemampuan sepadan. Tinggal kapan mereka diturunkan pada momen yang tepat," jelas Toni Ho. 

"Jika Fakhri Husaini melakukan rotasi, ini bisa untuk menjaga motivasi pemain cadangan," imbuh dia. 

Video Populer

Foto Populer