Sukses


Tony Ho Ingin Ikuti Jejak Pelatih Timnas Timor Leste U-18

Bola.com, Kediri - PSSI dan AFC telah mengumumkan 20 nama pelatih nasional yang dinyatakan lulus dari kursus AFC Pro. Dari daftar itu terdapat nama Tony Ho yang saat ini menangani tim Persipura U-20. 

"Saya senang telah lulus dan dapat lisensi AFC Pro. Dengan lisensi ini, kami bisa memenuhi syarat untuk melatih klub-klub Liga 1 di Indonesia atau berkarier di kompetisi teratas di luar negeri. Kami bahkan juga dapat memegang timnas negara lain," kata Tony Ho.

Pria asal Makasar ini merancang masa depannya setelah mengantongi lisensi AFC Pro. Tony Ho terinspirasi Andy Susanto, yang saat ini menukangi Timnas Timor Leste yang berkiprah pada Piala AFF U-18 di Vietnam. 

"Sebelumnya, Rahmad Darmawan dan Rudy Eka Priyambada juga pernah melatih klub luar negeri. Tapi, untuk level timnas, kayaknya masih Andy Susanto yang melakukannya. Bagi saya, kiprah Andy Santoso ini pantas untuk diikuti," tuturnya.

Rencana mantan pelatih Persebaya ini akan dilakukan bila peluang melatih di Indonesia, baik pada level klub atau timnas, telah tertutup. 

"Persaingan jadi pelatih di Indonesia sangat ketat. Ini saya anggap wajar pada era profesional. Jika peluang di Tanah Air tertutup, tak ada salahnya saya mengikuti jejak Andy Santoso," ucap Tony Ho

2 dari 2 halaman

Ingin Melatih Timnas Timor Leste

Jika Tony Ho ditakdirkan Tuhan YME melatih di luar negeri, dia punya kriteria pribadi.

"Jika melatih klub profesional, saya harus memegang klub di kompetisi tertinggi negara tersebut. Untuk level timnas, saya tertarik dengan Timor Leste," ujarnya. 

Kenapa harus Timor Leste?

"Karena negara tersebut punya kedekatan dengan kita. Budaya dan tradisi mereka tak jauh beda dengan wilayah Indonesia Timur. Apalagi saya punya pengalaman melatih di Papua. Saya amati Timor Leste juga punya pemain berbakat yang bisa dikembangkan," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer