Manajer Persebaya Beberkan Kriteria Pelatih Pengganti Djadjang Nurdjaman

Oleh Aditya Wany pada 13 Agu 2019, 07:45 WIB
Persebaya Candra Wahyudi

Bola.com, Surabaya - Kursi pelatih kepala Persebaya masih kosong setelah Djadjang Nurdjaman diberhentikan. Asisten pelatih Bejo Sugiantoro untuk sementara akan menangani tim.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, menyebut pihaknya masih mencari sosok pengganti yang pas. Pihaknya mulai mempertimbangkan beberapa kriteria yang perlu dimiliki oleh kandidat pelatih.

"Yang pasti secara regulasi, Persebaya harus mencari pelatih kepala dengan lisensi A AFC, itu yang harus dilakukan. Masih ada waktu satu bulan dan ini dalam proses," kata Candra.

Ketentuan pergantian pelatih klub ini tercantum dalam Regulasi Liga 1 2019 pasal 30 ayat 11 yang berbunyi sebagai berikut:

"Terhadap pergantian pelatih kepala yang terjadi maka Klub bersangkutan diwajibkan untuk menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada LIB  selambat-lambatnya 3 hari setelah dilakukan pengakhiran kontrak dengan pelatih kepala tersebut."

"Klub juga diwajibkan untuk melakukan penetapan dan pendaftaran pelatih kepala yang baru selambat-lambatnya 30 hari setelah LIB menerima surat pemberitahuan pengakhiran kontrak pelatih kepala yang lama." 

"Seluruh ketentuan terkait kualifikasi pelatih kepala wajib dipenuhi sesuai dengan Pasal 31 Regulasi ini. Pelanggaran terhadap hal ini akan dikenakan denda sebesar Rp100.000.000,-."

2 of 2

Berbagai Aspek

Djadjang Nurdjaman
Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Candra menambahkan pihaknya akan mempertimbangkan beberapa aspek yang diperlukan oleh pelatih baru. Dia hanya mau menyebut pelatih itu harus sesuai ketentuan regulasi, yaitu berlisensi AFC atau yang setara.

"Ada banyak pertimbangan dengan situasi Persebaya sekarang, kami butuh pelatih yang seperti apa. Dengan situasi sepak bola Indonesia seperti ini, pasti ada plus dan minusnya mencari sosok pelatih," ujarnya.

"Apakah yang pernah di Indonesia, apakah yang baru ada beberapa kemungkinan. Tidak harus asing atau lokal. Yang penting memenuhi persyaratan itu," ucap pria asal Bojonegoro itu.

Candra juga tidak menjelaskan secara detail kapan batas waktu yang bakal digunakan manajemen untuk mendapat pelatih baru tersebut.

"Yang jelas masih ada waktu satu bulan. Kalau bisa lebih cepat mungkin lebih baik. Semuanya masih dalam proses dan kami akan menilai dulu," tuturnya.

Di sisi lain, beberapa pelatih yang menganggur kini sudah mulai dikaitkan dengan Persebaya. Satu di antaranya adalah Peter Butler, pelatih asal Inggris eks Persipura, yang secara terang-terangan berminat melatih Persebaya.

Lanjutkan Membaca ↓