Sukses


6 Top Assist Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 baru memasuki pekan ke-14 pada Rabu (14/8/2019). Dalam 13 pekan yang sudah digelar, total tercatat sudah ada 298 gol yang tercipta. Gol-gol tersebut tentu tercipta tak hanya karena sang pencetak gol, tapi karena bantuan dari rekan setim yang memberikan assist.

Siapa pun di dalam tim bisa memberikan kontribusi bagi kesebelasannya tak hanya lewat gol, tapi juga lewat assist yang merupakan faktor penting terciptanya sebuah gol dari permainan terbuka atau situasi set-piece.

Namun, tak banyak pemain yang memiliki spesialisasi sebagai pelayan bagi mesin gol. Bahkan di Liga 1 2019 pun, enam assist merupakan jumlah terbanyak dari seorang pemain. Itu pun hanya dua pemain yang tercatat sebagai top assist hingga pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019.

Dalam kesempatan kali ini, Bola.com menghimpun enam pemain yang tercatat menjadi pelayan paling loyal bagi rekan setimnya untuk menciptakan gol bagi timnya masing-masing.

Tiga pemain asing dan tiga pemain lokal di Liga 1 2019 berbagi tempat sebagai pemain yang pantas dilabeli sebagai top assist di 13 pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Siapa saja mereka?

2 dari 7 halaman

Rizki Pora

Pemain sayap Barito Putera ini merupakan pemain yang begitu loyal dalam memberikan assist bagi rekan setimnya. Tercatat enam assist dibuatnya dalam enam laga berbeda.

Gol yang dicetak Evan Dimas saat Barito Putera menghadapi Bhayangkara FC di laga pekan ketiga merupakan assist pertama Rizki Pora di Liga 1 2019. Saat itu, Barito Putera harus kalah 2-4 dari Bhayangkara FC.

Selain untuk gol yang dicetak Evan Dimas, sisa assist Rizki Pora diberikan ketika Rafael Silva dan Samsul Arif mencetak gol. Bahkan yang menarik, 4 dari 7 gol yang dicetak Rafael Silva sejauh ini tercipta berkat umpan terakhir yang diberikan oleh Rizki Pora.

 

3 dari 7 halaman

Ciro Alves

Pemain asing milik Tira Persikabo ini memang merupakan tipe penyerang yang lengkap. Tidak hanya bersaing di daftar pencetak gol terbanyak, Ciro Alves juga bersaing di papan atas pemain dengan assist terbanyak.

Bicara soal torehan gol hingga pekan ke-13, Ciro Alves sudah mencetak 10 gol yang menempatkan dirinya di posisi kedua dalam daftar top scorer Liga 1 2019. Satu hal yang menarik, Ciro Alves juga berada di peringkat kedua dalam daftar assist terbanyak dengan jumlah yang sama dengan Rizki Pora, yaitu enam assist.

Enam assit yang diciptakan oleh Ciro Alves dibuatnya dalam lima pertandingan. Sosok luar biasanya sudah terlihat dalam laga pekan pertama, di mana Ciro memberikan assist untuk Andy Setyo Nugroho saat mencetak gol kedua Tira Persikabo yang menang 3-0 dalam laga tersebut. Yang menarik, dua gol Tira Persikabo lain dicetak oleh Ciro.

Aksi Ciro yang memberikan kontribusi besar berlanjut saat Tira Persikabo bertandang ke markas Semen Padang pada pekan keempat. Setelah mencetak gol pertama, Ciro pun memberikan assist untuk Loris Arnaud pada gol kedua dalam laga yang berakhir dengan skor 3-1 untuk Tira Persikabo.

Kecemerlangan Ciro sangat terlihat ketika Tira Persikabo menjamu Persija Jakarta pada pekan kesembilan. Ciro mencetak satu gol dan dua assist untuk dua gol Osas Saha dalam laga yang berakhir 5-3 untuk kemenangan tim asuhan Rahmad Darmawan itu.

Ciro juga kembali memberikan kontribusi assist saat Tira Persikabo hampir kalah dari Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo pada pekan ke-10. Berkat assist dari pemain asal Brasil itu, Wawan Febrianto berhasil membuat Tira Persikabo mencuri satu poin lewat hasil imbang 1-1.

Dalam kemenangan terakhir Tira Persikabo saat bertandang ke markas Barito Putera, gol pembuka Tira Persikabo yang dicetak Wawan Febrianto berasal dari assist Ciro, di mana timnya masih tidak terkalahkan dengan kemenangan 4-2 atas Laskar Antasari.

 

4 dari 7 halaman

Fadil Sausu

 

Pemain jangkar sekaligus kapten Bali United ini merupakan pemain yang memberikan kontribusi besar tak hanya dari gol-gol tendangan bebasnya, tapi dari umpan-umpannya yang berakhir dengan gol yang membawa Serdadu Tridatu meraih kemenangan.

Lima assist dalam empat pertandingan dibuat oleh Fadil Sausu di 13 pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Dua assist dibuatnya ketika bertandang ke Bandar Lampung pada pekan keenam, di mana gol Ilija Spasojevic dan Willian Pacheco lahir dari umpan matang yang dilepaskannya. Bali United menang 3-0 atas Badak Lampung FC dalam laga itu.

Spasojevic kembali merasakan nikmatnya mencetak gol setelah menerima umpan matang Fadil Sausu saat bertandang ke markas Persib Bandung pada laga pekan ke-11. Saat itu Bali United menang 2-0 dan mencuri tiga poin di Stadion Si Jalak Harupat.

Selain Spaso dan Fano, pemain Bali United yang merasakan akurasi umpan berbuah gol adalah Melvin Platje Ricky Fajrin. Melvin Platje memaksimalkan umpan Fadil Sausu saat Bali United menang 1-0 atas PSM Makassar. Sementara Ricky Fajrin menikmatinya saat menanduk bola dan berbuah gol pertama Bali United saat menang 4-1 atas Semen Padang.

 

5 dari 7 halaman

Riko Simanjuntak

 

Selain Fadil Sausu, pemain lokal yang sudah mengemas lima assist hingga pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019 adalah pemain sayap Persija, Riko Simanjuntak. Pemain yang kerap disebut sebagai pelayan Marko Simic ini memang merupakan pemain yang pintar untuk membuka peluang dan tidak pelit untuk mengalirkan bola kepada rekan setimnya yang lebih berpeluang untuk mencetak gol.

Namun, fakta menyedihkan lima assist yang dibuat oleh Riko Simanjuntak tak ada satu pun yang berbuah kemenangan bagi Persija. Lima pertandingan ketika Riko mencetak assist berakhir dengan empat hasil imbang dan satu kekalahan bagi Persija.

Fakta menariknya adalah lima assist yang dicetak oleh Riko Simanjuntak semua berbuah gol yang dicetak oleh Marko Simic. Jadi wajar bukan jika pemain bertubuh mungil dan memiliki kelincahan yang luar biasa ini disebut sebagai pelayan Marko Simic.

 

6 dari 7 halaman

Sylvano Comvalius

Striker asal Belanda yang direkrut Arema di Liga 1 2019 ini datang karena manajemen Singo Edan ingin mempertajam serangan, di mana mantan top scorer Liga 1 2017 itu diplot sebagai mesin gol baru Arema.

Namun, fakta yang menarik adalah jumlah golnya untuk Singo Edan dalam 13 pekan pertama Liga 1 2019 tak lebih banyak dari jumlah assist yang diciptakannya. Sylvano Comvalius memperlihatkan permainan yang tidak egois dalam beberapa pertandingan, di mana lima assist dicetaknya dalam tiga pertandingan.

Kemenangan 5-1 atas Persib Bandung menjadi ajang di mana Sylvano Comvalius tersorot bukan sebagai mesin gol, tapi pemberi umpan terakhir dalam dua gol pertama Arema yang dicetak Dendi Santoso dan Makan Konate.

Setelah itu, dua gol Dedik Setiawan saat Arema menang 3-1 atas Persipura juga berasal dari asssit yang diberikan oleh Sylvano Comvalius. Chemistry antara Sylvano Comvalius dan Dedik Setiawan berlanjut ketika Arema menang 1-0 atas Semen Padang pada pekan kedelapan, di mana Dedik mencetak satu-satunya gol lewat umpan Comvalius.

 

7 dari 7 halaman

Diogo Campos

Pemain asal Brasil di skuat Kalteng Putra ini menjadi pemain terakhir dalam daftar top assist. Seperti halnya Sylvano Comvalius, Riko Simanjuntak, dan Fadil Sausu, Diogo Campos juga mengoleksi lima assit dalam 13 pekan pertama Liga 1 2019.

Laga pekan pertama Liga 1 2019 menjadi ajang pembuktian kualitas Diogo Campos di Indonesia. Dua assistnya untuk Ferinando Pahabol dan Bonfim memastikan Kalteng Putra meraih tiga poin di pekan pertama Liga 1 2019.

Ferinando Pahabol kembali mendapatkan umpan dari Diogo Campos saat mencetak gol dalam laga pekan ke-12 kontra Semen Padang. Pada menit kelima pertandingan, Diogo Campos langsung mengirimkan umpan yang diselesaikan dengan baik oleh Pahabol.

Sementara satu assist lain tercipta ketika Kalteng Putra menang 4-2 atas Arema pada pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019. Diogo Campos mengirimkan umpan matang kepada Hedipo yang menjadi gol kedua Kalteng Putra dalam pertandingan tersebut.

Video Populer

Foto Populer