Prediksi PSS Vs Persela: Menjegal Kuda Hitam

Oleh Vincentius Atmaja pada 15 Agu 2019, 06:45 WIB
PSS Sleman Vs Persela Lamongan

Bola.com, Sleman - Pertarungan sengit akan tersaji dalam laga pekan ke-14 Shopee Liga 1 201 saat tuan rumah PSS Sleman menjamu Persela Lamongan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/8/2019). Kedua tim punya statistik yang cukup apik dalam empat pertandingan terakhir.

PSS Sleman sedang menjadi tim kuda hitam dengan mampu meraih delapan poin dalam empat pertandingan terakhir. Setelah hanya mampu bermain imbang di kandang sendiri melawan Barito Putera (27/7/2019), tiga laga tandang PSS berikutnya diakhiri dengan hampir sempurna.

Tim Elang Jawa mempermalukan tuan rumah Madura United 1-0 (31/7/2019), menahan tuan rumah Borneo FC 2-2 (4/8/2019), dan terakhir pulang dengan poin penuh saat menekuk Badak Lampung FC 2-0 (9/8/2019). Alhasil, tim Elang Jawa kini menembus empat besar dengan torehan 20 poin.

Sama halnya yang dialami Persela, yang moncer semenjak berganti pelatih dari Aji Santoso ke Nilmaizar. Meski dalam debutnya kalah 0-2 dari tuan rumah PSIS Semarang (6/7/2019), lima laga berikutnya Persela tak pernah kalah.

Menang 3-0 atas Kalteng Putra (11/7/2019), membekuk Bali United 2-0 (18/7/2019), menahan tuan rumah Barito Putera 0-0 (22/7/2019), serta dua kali bermain imbang di kandang sendiri dengan skor sama 2-2, dari Borneo FC (29/7/2019) dan Persib Bandung (8/8/2019).

Dalam duel kontra Persela, PSS di atas kertas sedikit lebih diunggulkan karena akan bermain di hadapan puluhan ribu pendukung sendiri. Teror pemain ke-12, akan membuat mental tim lawan jatuh.

Hanya, pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, sedikit disibukkan dengan fokus pengembalian kebugaran pemain. Masa recovery yang lebih singkat ketimbang Persela, membuat kekhawatiran tersendiri.

Namun, modal besar dengan raihan tujuh poin di tiga laga tandang, membuat motivasi bertanding Yevhen Bokhasvili dkk. lebih di atas Persela.

"Hampir semua pemain kebugarannya menurun, dan hanya Dave Mustaine yang dipastikan absen karena akumulasi," ungkap Seto Nurdiyantoro.

Tidak akan ada banyak perubahan dalam komposisi skuat PSS Sleman untuk meladeni permainan Persela. Starting eleven andalan kembali dipertahankan, termasuk kembalinya sang kapten sekaligus bek kanan Bagus Nirwanto.

2 of 3

Pujian buat PSS

Persela Lamongan
Pelatih Persela, Nilmaizar (kiri), saat berbincang dengan pemain asing setelah latihan resmi di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (14/8/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Meski begitu, Seto Nurdiyantoro mengingatkan kepada anak buahnya untuk tidak terlalu percaya diri. Meski Persela berada di posisi di bawah PSS, bukan berarti timnya akan menang dengan mudah.

Seto meminta pemainnya tidak hanya fokus menjaga striker produktif Persela, Alex dos Santos Goncalves.

"Kami antisipasi semuanya tidak hanya penyerang Persela, karena mereka punya kolektivitas permainan yang baik. Untuk Alex memang striker hebat, pemain hanya saya minta untuk jangan sampai dia memegang bola," lanjut pelatih berusia 45 tahun ini.

Di kubu Persela, pelatih Nilmaizar bisa tersenyum karena Alex dos Santos Goncalves bisa kembali diturunkan kontra PSS Sleman. Pemain yang sedang menjadi top scorer Shopee Liga 2019 tersebut sempat diganggu cedera ringan pada Senin (12/8/2019).

Striker yang sudah mengemas 12 gol tersebut memang menjadi satu di antara kekuatan utama Laskar Joko Tingkir. Persela juga bisa mainkan pemain langganan di starting eleven, seperti duo pemain asing Kei Hirose dan Mawouna Kodjo Amevor.

‚ÄĚSemoga Alex kembali bisa tampil seperti yang kami inginkan. Dia sudah berangsur-angsur membaik dan menjadi pembeda di tim ini," kata Nilmaizar.

"Tapi, saya prediksi tidak akan mudah karena PSS sedang dalam tren yang sangat baik. Bisa mendulang tujuh poin dalam tiga laga away adalah pencapaian luar biasa. Akan menjadi pertarungan yang menarik nanti," beber mantan pelatih Timnas Indonesia ini.

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Alfonso De La Cruz, Derry Rachman (belakang); Guilherme Batata, Brian Ferreira, Haris Tuharea (tengah); Irkham Zahrul Mila, Kushedya Hari Yudo, Yevhen Bokhasvili (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Persela Lamongan (4-4-2): Dian Agus Prasetyo (kiper); Arif Satria, Eki Taufik, Muhammad Zaenuri, Samsul Arifin (belakang); Lucky Wahyu, Kei Hirose, Rafael Gomes, Ahmad Subagja (tengah); Yohanis Nabar, Alex dos Santos Goncalves (depan)

Pelatih: Nilmaizar

Lanjutkan Membaca ↓