Duel Antarlini Arema Vs Persebaya: Panggung Kolaborasi Bermacam Pemain

Oleh Aditya Wany pada 15 Agu 2019, 09:15 WIB
Arema FC Vs Persebaya Surabaya

Bola.com, Malang - Arema dijadwalkan menjamu Persebaya pada pertandingan pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019. Laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Kamis (15/8/2019), ini menjadi ajang duel dengan materi pemain mumpuni di Indonesia.

Duel bertajuk Derbi Jatim itu sudah pernah disaksikan pencinta sepak bola nasional di Piala Presiden 2019. Dua tim asal dua kota terbesar di Jawa Timur itu bertemu dalam partai puncak dan menjadi panggung aksi pemain di kedua tim.

Mereka sama-sama mengolaborasi pemain asing dan lokal berpengalaman, dengan beberapa pemain muda juga. Di final pada April lalu, Arema keluar sebagai pemenang dengan kemenangan agregat 4-2.

Berdasar posisi klasemen sementara, Arema kini berada di peringkat keenam dengan raihan 19 poin dari 12 pertandingan. Tim berjulukan Singo Edan itu membukukan enam kali menang, satu seri, dan lima kalah. Mereka total menciptakan 25 gol.

Persebaya hanya satu setrip di bawahnya, menduduki posisi ketujuh dengan mengoleksi 17 angka dari 13 laga. Ruben Sanadi dkk. mencatatkan empat kali kemenangan, enam seri, dan tiga kalah. Bajul Ijo memiliki 20 koleksi gol.

Bermain di kandang sendiri, Arema punya rekor apik dengan catatan selalu menang kontra Persebaya sejak bertemu musim lalu. Mereka menang 1-0 di Liga 1 2018 dan 2-0 di leg kedua final Piala Presiden 2019. Bahkan, Arema belum pernah kebobolan saat menjamu Persebaya.

Penampilan kedua tim ini sebenarnya sama-sama tampil tidak konsisten dalam lanjutan Liga 1 2019. Bedanya, Persebaya kini mengalami pergantian pelatih setelah memecat Djadjang Nurdjaman, dan menunjuk Bejo Sugiantoro sebagai pelatih sementara.

Sementara Arema tidak bisa menurunkan kekuatan penuh seiring absennya tiga pilar, yaitu Alfin Tuasalamony, Ricky Ohorella, dan Dedik Setiawan. Persebaya hanya kehilangan satu pemain, yaitu Hansamu Yama, yang mendapat larangan bertanding.

Lantas, siapa saja pemain yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga Arema FC melawan Persebaya versi Bola.com:

2 of 4

Belakang

Hamka Hamzah dan Arthur Cunha da Rocha
Hamka Hamzah dan Arthur Cunha da Rocha jadi andalan Arema lewat peluang dari bola mati. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Arema bakal menurunkan duet stoper andalannya di lini belakang, yaitu Hamka Hamzah dan Arthur Cunha da Rocha. Dua pemain ini sudah menghuni jantung pertahanan Singo Edan sejak musim lalu.

Keberadaaan mereka bakal dibantu Agil Munawar dan Ahmad Alfarizi di posisi bek sayap. Four back yang akan diturunkan nanti memang bukan komposisi terbaik mengingat Alfin Tuasalamony harus absen akibat akumulasi kartu.

Persebaya juga tidak datang dengan kompisisi lini belakang terbaik seiring absennya Hansamu Yama. Stoper Otavio Dutra perlu tandem yang cocok sebagai pengganti Hansamu. Mokhamad Syaifuddin diperkirakan bakal mengisi pos kosong itu.

Novan Setya Sasongko dan Ruben Sanadi akan menambah kekuatan barisan pertahanan di lini pertahanan. Kedua pemain itu juga piawai membantu serangan dengan melakukan overlap dan kembali ke posisi aslinya.

3 of 4

Tengah

Final Piala Presiden 2019: Persebaya Surabaya Vs Arema FC
Gelandang Persebaya Surabaya, Damian Lizio, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Arema FC pada laga final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/Yoppy Renato)

Arema bisa menurunkan deretan gelandang terbaiknya di Derbi Jatim ini. Hendro Siswanto, Jayus Harinono, dan Makan Konate adalah trio gelandang yang sudah menjadi andalan sejak pramusim.

Persebaya bakal tampil dengan kekuatan penuh di lini tengah. Mereka leluasa memilih opsi untuk mengisi trio gelandang. Bisa jadi, komposisi Rachmat Irianto, Muhammad Hidayat, dan Damian Lizio bakal digunakan.

Bajul Ijo bisa juga menurunkan Misbakus Solikin atau Fandi Eko Utomo sebagai opsi lain Rachmat Irianto dan Muhammad Hidayat. Yang jelas, Lizio telah menjadi andalan dalam mengatur tempo serangan Persebaya.

4 of 4

Depan

Ahmad Nur Hardianto (Arema FC)
Ahmad Nur Hardianto saat selebrasi bersama tim Arema setelah menjebol gawang Persija di SUGBK, Jakarta (3/8/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Tim arahan Milomir Seslija masih belum bisa menurunkan striker Dedik Setiawan yang mengalami cedera. Trisula lini depan Arema kekurangan pemain seiring hanya tersisa Dendi Santoso dan Sylvano Comvalius, yang bersama Dedik selama ini.

Sebagai pengganti, Ahmad Nur Hardianto, kemungkinan bakal menambah garangnya barisan depan Arema. Pemain asal Lamongan itu membuktikan ketajamannya dengan selalu mencetak gol di dua laga terakhir, melawan Persija Jakarta dan Kalteng Putra.

Barisan serangan Persebaya bakal lebih beragam mengingat pemain di posisi ini tidak mengalami kendala. Lima pemain sekaligus bisa jadi opsi dalam trisula lini depan. Mereka adalah Osvaldo Haay, Irfan Jaya, Manuchehr Jalilov, Oktafianus Fernando, dan Amido Balde

Lanjutkan Membaca ↓