Coret 3 Pemain Asing, Persib Datangkan Pemain Asal Belanda dan Iran

Oleh Erwin Snaz pada 15 Agu 2019, 17:20 WIB
Bek Persib Bandung, Bojan Malisic, bersiap saat akan melawan TIRA Persikabo pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Bandung - Persib Bandung mendepak tiga pemain asingnya untuk persiapan putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Tiga pemain asing yang terdepak itu adalah Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan.

Sebagai gantinya Persib Bandung pun langsung mendatangkan dua pemain asal Belanda dan satu pemain Asia asal Filipina. Kedua pemain asal Belanda itu adalah Kevin van Kippersluis yang berposisi sebagai striker dan Nick Kuipers yang berposisi sebagai bek. Sementara pemain asal Iran, Omid Nazari, adalah seorang gelandang.

Pelatih Persib Robert Alberts didampingi Manajer Persib, Umuh Muchtar, dan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengungkapkan keputusan itu setelah dirinya dan tim analisis melakukan evaluasi selama paruh pertama Liga 1 2019.

"Kami telah melakukan evaluasi bersama tim analisis. Dalam evaluasi itu kami pastikan mengganti pemain dan mengidentifikasi pemain. Kami cek pemain dan membuat persetujuan dengan manajemen untuk membuat daftar line up baru di putaran kedua," jelas Robert di 1933 Dapur dan Kopi, Jalan Sulanjana, Bandung, Kamis (15/8/2019).

Robert Alberts menyebut Kevin van Luiskippers sebelumnya bermain di Liga Belanda dengan posisi penyerang dan akan ditempatkan sebagai second striker di Persib. Sedang Nick Kuipers posisinya bek tengah, yang baru selesai mengarungi Liga tertinggi di Belanda.

"Kami juga punya Omid di posisi gelandang. Dia kelahiran Swedia dan main AFF di Swedia, pernah memperkuat timnas Iran. Jadi umur mereka 24, 25, dan 26 tahun," ucap pelatih asal Belanda ini.

Sebagai informasi, Omid Nazari, merupakan pemain berkebangsaan Iran yang memiliki darah Filipina dan lahir di Swedia. Dengan kehadiran tiga pemain tersebut, otomatis tiga pemain asing yang dimiliki Persib pun harus dicoret di putaran kedua Liga 1 2019. Hanya Ezechiel N'douassel yang dipertahankan oleh Robert Alberts dalam skuat Persib Bandung.

2 of 2

Regenerasi Pemain Asing

Dicoretnya tiga pemain asing Persib Bandung dengan kehadiran tiga pemain baru yang lebih muda disebut Robert Alberts sebagai sebuah bagian dari regenerasi tim.

"Kami memang butuh regenerasi dalam tim dengan pemain muda. Seperti yang saya katakan ketika pertama kali bergabung bahwa tim ini tidak seimbang. Kami banyak memiliki pemain tua dan kami harus mempunyai pemain muda dengan kepercayaan di masa depan," lanjut Robert.

Mengenai alasan merekrut tiga pemain asing baru, Robert menyebutkan karena Persib membutuhkan pemain yang berkualitas.

"Dalam latihan pertama saya dengan Persib, saya sudah berpikir kualitas pemain asing tidak bisa memperbaiki kualitas Persib. Namun, biar adil, saya memberikan kesempatan selama satu putaran," ujar Robert Alberts.

"Dalam beberapa laga terakhir kami tidak bemain dengan beberapa pemain asing. Tapi, di Liga Indonesia ini permainan sangat dipengaruhi oleh pemain asing, jadi itu yang dibutuhkan ke depan dan kemungkinan bisa menambah kualitas tim," lanjutnya.

Lanjutkan Membaca ↓