Dibuang Persija, Osas Saha Kini Jadi Bagian Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2022

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 16 Agu 2019, 10:30 WIB
Piala Indonesia 2019 : Tira Persikabo Vs Kalteng Putra

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy telah mengumumkan 24 pemain yang akan tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Ada banyak nama baru yang mengejutkan, salah satunya striker Tira Persikabo, Osas Saha.

Masuknya nama Osas Saha dalam skuat Timnas Indonesia berkat performa ciamiknya di Tira Persikabo selama Shopee Liga 1 2019. Hingga pekan ke-13, tim yang dinakhodai Rahmad Darmawan itu berada di puncak klasemen dengan raihan 29 poin.

Osas Saha merupakan pemain naturalisasi. Dia mencetak lima gol dalam 12 pertandingan di Shopee Liga 1 2019. Pria kelahiran Nigeria itu mendapat menit bermain selama 1.011 menit.

Secara total, Osas Saha telah berkontribusi untuk sembilan gol yang dicetak Tira Persikabo pada musim ini. Selain mencatatkan lima gol, eks Perseru Serui itu juga mencatatkan empat assist untuk Laskar Padjajaran.

Jumlah gol yang dicetaknya hanya kalah dari dua gelandang serang Tira Persikabo, Ciro Henrique Alves dan Wawan Febriyanto. Ciro Alves mencetak 10 gol sedangkan Wawan yang juga sedang dalam performa terbaiknya mengemas enam gol.

Penyerang berusia 32 tahun tersebut selalu menjadi pemain utama Tira Persikabo. Osas Saha, selama tampil di Shopee Liga 1 2019, hanya diganti sebanyak enam kali.

Nama Osas Saha tentunya sudah tidak asing didengar pecinta Timnas Indonesia. Dia sudah merasakan kerasnya atmosfer di kompetisi sepak bola Indonesia sejak 2008, klub pertamanya adalah PSDS Deli Serdang.

Namanya sempat menjulang saat mencetak 29 gol dari 27 pertandingan bersama PSAP Sigli di Divisi Satu 2010-2011.

2 of 3

Dibuang Persija Jakarta

Persija vs Selangor FA
Osas Saha (kiri) saat masih bersama Persija Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Performa Osas Saha bersama Tira Persikabo terbilang mengejutkan. Padahal, sebelum dipinang Laskar Padjajaran, Osas Saha dibuang oleh juara Liga 1 sebelumnya, Persija Jakarta.

Osas Saha yang pernah bermain di Liga Super Malaysia, gagal bersinar bersama Persija. Dia hanya mencetak dua gol dalam 13 penampilannya bersama Macan Kemayoran.

Dia lebih banyak berada di bangku cadangan. Tercatat, Osas Saha berada di bench pemain Persija sebanyak delapan kali. Dia hanya sekali bermain selama 90 menit selama memperkuat Persija.

 

3 of 3

Skuat Timnas Indonesia

Penjaga Gawang: Andritany Ardhiasa, Awan Setho, Angga Saputro

Belakang: Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Otavio Dutra, Yanto Basna, Yustinus Pae, Johan Alfarizi, Andika Wijaya, Victor Igbonefo

Tengah: Andik Vermansah, Evan Dimas, Rizky Pora, Manahati Lestusen, Rizky Pellu, Stefano Lilipaly, Zulfiandi, Irfan Jaya, Greg Nwokolo

Depan: Ferdinand Sinaga, Beto Goncalves, Osas Saha

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Edu Krisnadefa, Published 15/08/2019)

Lanjutkan Membaca ↓