Luqman Hakim Shamsudin, Bomber Malaysia yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-18

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 16 Agu 2019, 18:15 WIB
Diperbarui 17 Agu 2019, 19:06 WIB
Timnas Indonesia U-18 - Indonesia Vs Malaysia

Bola.com, Jakarta - Timnas Malaysia U-18 adalah negara dengan produktivitas terendah di babak semifinal Piala AFF U-18 2019. Malaysia hanya membukukan sembilan gol dari lima pertandingan babak penyisihan, tertinggal 11 gol dari Timnas Indonesia U-18, tim tersubur dalam turnamen ini.

Tiga dari sembilan gol Malaysia dihasilkan oleh Luqman Hakim Shamsudin, bomber bernomor punggung sepuluh. Tiga gol dari pemain berusia 17 tahun ini dicetak ketika menghadapi Singapura dan Australia saat ia membuat dua gol.

Dari lima pertandingan Malaysia di babak penyisihan Grup B, Luqman Hakim hanya absen sekali. Pelatih Bradley John Maloney mengistirahatkannya ketika timnya membantai Kamboja 3-0 pada pertandingan ketiga.

Bradley Maloney menempati Luqman Hakim sebagai striker tengah. Dalam formasi 3-4-3, dirinya diapit oleh dua penyerang sayap yaitu Muhammad Faris dan Muhammad Atiq.

Pada babak semifinal Piala AFF U-18, Malaysia akan menghadapi Timnas Indonesia U-18 di Go Dau Stadium, Sabtu (17/8/2019). Luqman Hakim sudah dipastikan akan menjadi pemain paling berbahaya di kubu Malaysia.

2 of 2

Akan Diseleksi Klub Jepang

Kualitas Luqman Hakim sebagai wonderkid mendapat pengakuan dari klub kasta tertiggi Liga Jepang atau J-League, Cerezo Osaka. Ia bakal menjalani seleksi di Negeri Sakura pada September mendatang.

"Insyaallah Luqman Hakim akan diseleksi Cerezo Osaka. Jepang akan menjadi tempat yang sangat baik baginya untuk mengikuti latihan dan menjadi andalan negara di masa mendatang," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dinukil dari Harian Metro.

Nama Luqman Hakim telah berkibar di Malaysia U-16, sebelum naik pangkat ke level usia U-18. Saat bermain di Piala AFC U-16 2018, ia menjadi top scorer turnamen bersama dua pemain lainnya dengan torehan lima gol.

Lanjutkan Membaca ↓