Sukses


Rekap Bursa Transfer Liga 1 2019: Persib Jor-joran, PSM Efisiensi

Bola.com, Jakarta - Sejumlah peserta Shopee Liga 1 2019 mulai tancap gas menatap bursa transfer paruh musim. Persib Bandung, misalnya. Tim berjulukan Pangeran Biru itu mencuci gudang sektor asing.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru membuka bursa transfer putaran kedua pada 27 Agustus-16 September 2019. Belum juga dimulai, berbagai klub telah bermanuver untuk menambah dan melepas pemain.

Persib Bandung merombak tiga dari empat pemain asingnya. Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan didepak. Sebagai gantinya, armada Robert Alberts mengontrak Kevin van Kippersluis, Nick Kuipers, dan Omid Nazari.

Selain Persib Bandung, beberapa klub telah memanaskan mesin lebih dulu untuk melantai di bursa. Dua klub Jawa Timur, Persebaya Surabaya dan Madura United menjadi contoh.

Persebaya telah lebih dulu memastikan kedatangan David Aparecido da Silva untuk mengisi pos pemain asing setelah naturalisasi Otavio Dutra tuntas. Adapun, Madura United memastikan mengikat Diego Assis sebagai penerus Zah Rahan yang cedera berkepanjangan.

PSM Makassar juga menjadi salah satu klub yang paling aktif di bursa transfer periode kedua. Tim dengan sebutan lain Pasukan Ramang itu dipastikan melepas tiga pemain ke klub lain.

Pasukan Darije Kalezic meminjamkan Reva Adi Utama ke Perseru Badak Lampung, Zulkifli Syukur ke klub Liga 2, Sriwijaya FC, dan Reva Adi Utama ke tim Liga 2 lainnya, PSIM Yogyakarta.

Berbeda dengan tim lain, sang juara bertahan Liga 1, Persija Jakarta, masih adem ayem menyambut momen transaksi pemain. Macan Kemayoran, julukannya, masih pasif di lantai bursa.

Hanya saja, Persija telah memberi isyarat akan merombak sektor pemain asingnya. Dua legiun impor, Steven Paulle dan Bruno Matos terancam didepak akibat kontribusi keduanya yang minim.

2 dari 2 halaman

Rekap Bursa Transfer Liga 1 2019

Bali United: -

Tira Persikabo: -

Madura United:

  • Masuk: Diego Assis (Al-Ain), Ante Bakmaz (seleksi, Al-Nejmeh)
  • Keluar: Zah Rahan (tanpa klub), Fachruddin Aryanto (rumor, ke Persija Jakarta)

Arema FC: -

PSS Sleman:

  • Masuk: Muhammad Hamdan Zamzani (Sriwijaya FC)

Borneo FC:

  • Keluar: Alfonsius Kevlan (tanpa klub)

Persebaya Surabaya:

  • Masuk: David Aparacido da Silva (Pohang Steelers)

PSM Makassar:

  • Masuk: Bruno Silva (rumor, Al-Ain)
  • Keluar: Zulkifli Syukur (Sriwijaya FC), Reva Adi Utama (Perseru Badak Lampung FC), Hendra Wijaya (PSIM Yogyakarta), Eero Markkanen (rumor, tanpa klub), Bayu Gatra (rumor, ke Perseru Badak Lampung FC), Hasyim Kipuw (rumor, ke Persija Jakarta) 

Persipura Jayapura: -

Persib Bandung:

  • Masuk: Kevin van Kippersluis (SC Cambuur), Nick Kuipers (Ado Den Haag), Omid Nazari (Ceres-Negros)
  • Keluar: Bojan Malisic (tanpa klub), Rene Mihelic (tanpa klub), Artur Gevorkyan (tanpa klub), Saepulloh Maulana (rumor, ke Blitar Bandung United), Puja Abdillah (rumor, ke Blitar Bandung United), Agung Mulyadi (rumor, ke Blitar Bandung United)

Kalteng Putra: -

PSIS Semarang: 

  • Keluar: Silvio Escobar (rumor, ke Persija Jakarta)

Persela Lamongan: -

Barito Putera: -

  • Keluar: Yoo Jae-hoon (rumor, tanpa klub)

Perseru Badak Lampung FC:

  • Masuk: Reva Adi Utama (PSM Makassar), Bayu Gatra (rumor, PSM Makassar)

Persija Jakarta:

  • Masuk: Bienvenido Maranon (rumor, Ceres-Negros), Hasyim Kipuw (rumor, PSM Makassar)
  • Keluar: Bruno Matos (rumor, tanpa klub), Steven Paulle (rumor, tanpa klub)

Semen Padang: -

Video Populer

Foto Populer