Tak Diminati Klub Indonesia, Arema Segera Pulangkan Pavel Smolyachenko

Oleh Iwan Setiawan pada 21 Agu 2019, 16:00 WIB
Pavel Smolyachenko

Bola.com, Malang - Rencana Arema untuk meminjamkan gelandang asal Uzbekistan, Pavel Smolyachenko, di masa transfer window mulai 27 Agustus 2019, ternyata tidak bisa berjalan.

Setelah dua hari merilis Arema tidak menggunakan jasanya di putaran kedua, sampai saat ini belum ada tim Liga 1 lain yang berminat meminjam sang pemain.

Manajemen Arema sempat menawarkan pemain 27 tahun itu kepada Badak Lampung FC. Namun, saat ini mereka tidak membutuhkan gelandang asing.

"Kami sempat komunikasi dengan pelatih Badak Lampung, Milan Petrovic, karena musim lalu dia pelatih Arema. Tapi, mereka tidak membutuhkan slot pemain asing di posisi itu. Dulu Persija Jakarta dan Borneo FC juga sempat tertarik. Namun, sekarang tidak lagi," kata Ruddy Widodo, General Manager Arema.

Lantaran sepi peminat, manajemen Arema kemarin melakukan pembicaraan dengan Pavel. Jalan yang dipilih akhirnya mengakhiri kontrak secara permanen. Arema sudah membicarakan kompensasi untuk mantan pemain Timnas Uzbekistan U-21 ini.

"Sebenarnya masih ada peluang bagi Pavel dalam waktu dekat untuk bermain di Indonesia. Dengan catatan segera ada klub lain yang membutuhkan tenaganya. Jika tidak, beberapa hari ke depan dia akan pulang ke negaranya," jelas Ruddy.

2 of 2

Kesulitan Beradaptasi

Pavel Smolyachenko
Gelandang Arema, Pavel Smolyachenko, juga ingin mencetak gol. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Pavel lebih memilih opsi untuk pulang kampung karena dia terlihat agak kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. Ditambah lagi kesempatan bermain di Arema juga minim sehingga namanya kurang mencuat di kancah sepak bola Indonesia.

"Secara kualitas permainan, sebenarnya dia bagus. Hanya, awal musim dia sempat sakit demam berdarah. Setelah itu, dia seperti kesulitan beradaptasi lagi dengan karakter tim," imbuhnya.

Dengan begitu, praktis Arema melakukan dua pembelian gagal di musim ini. Sebelumnya, Robert Guimaraes sudah didepak sebelum kompetisi dimulai.

Penyerang asal Brasil itu kondisinya fisiknya sudah tidak mumpuni. Robert direkrut dan diperkenalkan Arema bersamaan dengan Pavel. Tetapi, Pavel masih dipertahankan hingga paruh musim depan harapan dia menemukan permainan terbaiknya lagi. Namun, dari 14 laga Arema, dia hanya empat kali main, dua di antaranya sebagai pengganti. 

Lanjutkan Membaca ↓