PSS Mulai Pasang Kuda-kuda Bongkar Skuat

Oleh Vincentius Atmaja pada 21 Agu 2019, 21:40 WIB
PSS Sleman

Bola.com, Jakarta - Jendela bursa transfer tengah musim  Shopee Liga 1 2019 dibuka pengujung bulan Agustus ini. Beberapa tim mulai aktif membongkar pasang skuatnya agar lebih kompetitif di putaran kedua. PSS Sleman salah satunya. Mereka tidak mau ketinggalan untuk melakukan peremajaan tim.

Tim berjulukan Super Elang Jawa mulai ancang-ancang mencari pemain baru, sekaligus melego pemain yang kurang berkontribusi.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro mengatakan jika sudah memiliki gambaran siapa saja pemain yang harus dilepasnya dan yang diincarnya. Hanya saja Seto enggan membeberkan nama-nama pemain, demi menjaga kondusifitas skuatnya.

"Hal yang biasa ketika memasuki paruh musim di bursa transfer pemain. Resikonya ada yang keluar dan ada yang masuk. Untuk menjaga kondusifitas tim, belum saya tentukan di posisi mana saja. Setidaknya hampir semua lini perlu perombakan," terang Seto kepada Bola.com, Rabu (21/8/2019).

Namun demikian, bukan perkara yang mudah untuk timnya untuk mendapatkan pemain yang sesuai harapan. Seto mengakui banyak tim berlomba-lomba mencari pemain yang punya kualitas dan dengan harga tinggi.

"Bukan berarti mudah, permasalahannya pemain yang bagus tentu sulit didatangkan. Kemudian masalah harga untuk PSS. Mungkin beda dengan tim lain yang punya finansial kuat," kata Seto.

Menurutnya, PSS juga tak menutup pintu bagi pemain dari klub kasta kedua untuk bisa bergabung. Seto beranggapan mental bertanding lebih sangat berpengaruh untuk bersaing di kasta Liga 1.

"Kalau memang ada pemain punya mental bagus dari Liga 2 mengapa tidak. Ada pertimbangan khusus untuk mental pemain dari Liga 2," beber Seto Nurdiyantoro.

PSS Sleman tampil cukup impresif menjelang berakhirnya paruh musim Shopee Liga 1 2019. Dalam 15 pertandingan yang dilakoni, tim promosi ini mampu bercokol di urutan ke lima klasemen sementara dengan nilai 21. (Vincentius Atmaja)

2 of 2

Klub Promosi dengan Pencapaian yang Lumayan

PSS Sleman Vs Arema FC
Bek PSS Sleman, Alfonso De La Cruz, meminta bola saat melawan Arema FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5). PSS menang 3-1 atas Arema. (Bola.com/Yoppy Renato)

Berstatus sebagai tim pendatang baru di kompetisi kasta elite, prestasi PSS terhitung lumayan. Tim Elang Jawa ikut meraimaikan persaingan papan atas.

Padahal, PSS salah satu klub yang tak jorjoran belanja pemain. Mayoritas pemain mereka anggota skuat musim lalu saat berlaga di pentas Liga 2.

Hanya saja permainan yang mengedepankan kolektivitas ala Seto Nurdiantoro justru jadi kekuatan yang menakutkan.

PSS meraih hasil luar saat menggebuk tim papan atas Madura United 1-0 di kandang lawan. Mereka menghantam sesama klub promosi, Kalteng Putra 2-0 dan Perseru Badak Lampung FC dengan skor sama. Hebatnya PSS pernah menahan imbang Persipura Jayapura  1-1 di Stadion Mandala, Jayapura, yang notabene dikenal angker.

PSS tercatat baru sekali kalah di kandang lawan, yakni saat bersua Bali United.

Sayang performa kinclong di duel away tak dibarengi stabilitas saat menjamu lawan. Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, PSS kerap tersandung.

Mereka sempat kalah 0-2 dari PSIS Semarang dan meraih tiga hasil imbang melawan Bhayangkara FC (1-1), Barito Putera (2-2), Persela Lamongan (1-1), serta Semen Padang (2-2).

Rekor Laga Tandang PSS Sleman:

31/05/2019 Persipura Vs PSS Sleman 1-1

03/07/19 Persija Vs PSS Sleman 1-0

07/07/2019 Kalteng Putra Vs PSS Sleman 0-2

22/07/2019 Bali United Vs PSS Sleman 3-1

31/07/2019 Madura United Vs PSS Sleman 0-1

04/08/2019 Borneo Vs PSS Sleman 2-2

09/08/2019 Badak Lampung Vs PSS Sleman 0-2

Lanjutkan Membaca ↓