Sukses


Ruben Sanadi Gantikan Ahmad Alfarizi di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Terjadi lagi perubahan komposisi dalam daftar pemain Timnas Indonesia yang disiapkan untuk pertandingan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia menjamu Malaysia dan Thailand.

Terbaru, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memanggil bek Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi, ke dalam skuatnya.

Ruben Sanadi mendapat panggilan "susulan" lantaran namanya tak masuk daftar awal 24 pemain yang mendapat pemanggilan pertama, yang dirilis PSSI pada 14 Agustus 2019.

Kapten Persebaya itu dipanggil untuk menggantikan posisi Ahmad Alfarizi, yang mengalami cedera. Bek Arema itu tak bisa gabung dalam pemusatan latihan kali ini karena cedera tumit.

Alfarizi sudah menjalani MRI sebagai proses awal kesembuhan cederanya itu. Namun, Simon McMenemy tak mau mengambil risiko menunggu pemulihan 29 tahun itu sehingga mengambil opsi memanggil Ruben untuk melengkapi skuat.

Ini jadi kali kedua terjadi perubahan, mengacu pada pemanggilan awal. Sebelum Ahmad Alfarizi digantikan Ruben Sanadi, Simon McMenemy lebih dulu mengganti Rizky Pora dengan Febri Hariyadi.

Hanya, latar belakang perubahan itu berlainan. Alfarizi diganti karena cedera sedangkan Rizki Pora terpaksa kehilangan posisinya di Timnas Indonesia lantaran diketahui memukul Bayu Gatra saat Barito Putera dan PSM Makassar bersua dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019.

Simon McMenemy, yang mengedepankan kedisplinan serta tanggung jawab dari pemain sebagai representasi negara, tak segan mencoret Rizky Pora yang dianggap melanggar prinsip yang diusungnya tersebut.

2 dari 2 halaman

Latihan Perdana

Di sisi lain, seperti dikutip dari situs resmi PSSI, pemain yang mendapat panggilan gabung TC sudah mulai berdatangan di Hotel Alana, Sentul, pada Rabu (21/8/2019).

Pada Rabu malam, pelatih Simon McMenemy memperkenalkan pemain yang baru bergabung ke Timnas Indonesia seperti Osas Saha, Angga Saputra, dan Made Andhika Wijaya. Tak lupa, pemain yang kembali lagi ke Tim Garuda, seperti Ferdinand Sinaga dan Manahati Lestusen.

Beberapa pemain masih belum terlihat gabung, seperti Greg Nwokolo, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Yanto Basna, Victor Igbonefo, Hanif Sjahbandi, dan trio pemain Persebaya yakni Otavio Dutra, Irfan Jaya, dan Ruben Sanadi.

Skuat Garuda akan melakoni latihan perdana pada Kamis petang (22/8/2019) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. TC di Bogor ini berlangsung hingga Kamis (29/8/2019).

Timnas Indonesia bergeser ke Jakarta dan menggelar latihan tahap akhir di ibu kota mulai Jumat (30/8/2019).

Simon McMenemy nantinya akan menciutkan pemain menjadi 23 orang yang masuk skuat final untuk pertandingan kontra Malaysia dan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 5 dan 10 September 2019.

Sumber: PSSI

Video Populer

Foto Populer