Komentar Nilmaizar Setelah Persela Menggulung Tira Persikabo

Oleh Aditya WanyAning Jati pada 25 Agu 2019, 21:40 WIB
Persela Lamongan vs Tira Persikabo

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan di luar dugaan menggulung tim papan atas Shopee Liga 1 2019, Tira Persikabo, dalam laga pekan ke-16, Minggu (25/8/2019).

Bermain di Stadion Surajaya, Lamongan, Persela Lamongan menghajar tim yang sempat beberapa pekan lamanya menguasai puncak klasemen sementara itu, dengan skor telak 6-1.

Pelatih Persela, Nilmaizar, tak mampu menutupi kebanggaannya dengan hasil yang dicatatkan skuatnya.

"Puji syukur, Alhamdullilah, kami bisa menang 6-1. Saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya buat pemain atas hasil ini," kata Nilmaizar, setelah pertandingan.

Pelatih asal Sumatra Barat itu mengungkap sebenarnya tak banyak yang dilakukannya sehingga tim asuhannya bisa menggebuk Tira Persikabo dengan skor skor fantastis.

Ia berujar, hanya membekali Eky Taufik dkk. dengan hasil evaluasi yang biasa dilakukan setiap sehabis pertandingan dan jelang pertandingan, semisal bagaimana cara bertahan, cara menyerang.

"Hasil ini lebih pada bagaimana pemain Persela Lamongan menjalankan instruksi dengan baik, dan ada keberuntungan. Seperti itulah sepak bola," imbuhnya.

2 of 2

Pakem Persela

Persela Lamongan Vs Tira Persikabo
Duel Persela Lamongan Vs Tira Persikabo pada pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (25/8/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Meski tak menyebut secara gamblang kunci kemenangan permainan tim asuhannya pada pertandingan kali ini, ada beberapa hal yang bisa jadi catatan.

Satu di antaranya yang terlihat, Persela Lamongan tak membiarkan Ciro Alves, yang jadi andalan di sektor penyerangan Tira Persikabo, bergerak leluasa. Setiap membawa bola, penyerang sayap itu mendapat pengawalan, khususnya oleh Lucky Wahyu.

Strategi mematikan Ciro Alves itu diakui Nilmaizar memang cukup memengaruhi permainan tim asuhannya.

"Yang pasti, kami menyadari Tira Persikabo itu tim yang cukup bagus. Kami hanya berusaha tak mengikuti permainan mereka, yang biasanya dari kaki ke kaki. Kami bermain compact defense, dan kompak saat menyerang. Ini akan jadi pakem kami," tutur Nilmaizar.

Satu lagi, Nilmaizar juga memberikan motivasi khusus jelang pertandingan. Mantan pelatih Semen Padang itu mengingatkan sekaligus menebalkan semangat pemainnya, bahwa tak ada satu pun tim yang tak bisa dikalahkan. 

"Bersama Tuhan, tak ada yang tak mungkin," ucapnya.

Di sisi lain, Nilmaizar menitip pesan buat skuatnya pasca meraih kemenangan fantastis ini.

"Jangan sampai pemain jemawa, sombong karena perjalanan Persela masih panjang, masih jauh dari akhir," tegasnya.

Lanjutkan Membaca ↓