Alasan Yana Umar Mundur dari Viking Persib Club

Oleh Erwin Snaz pada 26 Agu 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 28 Agu 2019, 13:17 WIB
Yana Umar

Bola.com, Bandung - Yana Umar memutuskan mundur dari kepengurusan Viking Persib Club. Dengan begitu, Yana otomatis tidak akan terlihat lagi memimpin puluhan ribu bobotoh menyanyikan chant saat laga kandang Persib Bandung.

Selama 26 tahun sebagai pengurus Viking, Yana Umar menjadi Dirigen Viking di setiap pertandingan tim Maung Bandung, baik kandang maupun tandang.

Regenerasi menjadi alasan utama Yana untuk memutuskan mundur dari kepengurusan Viking Persib Club, yang berdiri sejak 1993 itu.

"Alasan pertama saya mundur karena harus ada regenerasi, karena ini sudah masanya. Saya sudah 26 tahun di Viking sebagai pengurus. Jadi, harus ada penyegaran supaya lebih segar ke depannya, apalagi ada banyak pengurus lain yang akan bagus," ujar Yana, Senin (26/8/2019).

Selain itu, sambung Yana, agar anggota Viking yang jadi pengurus nanti bisa merasakan bagaimana suka duka dalam mengurus bobotoh. 

Yana mengaku keputusan itu sudah disampaikan kepada Heru Joko, Ketua Viking, termasuk dengan teman-teman pengurus lainnya.

"Saya sudah ngobrol sama Heru Joko dan anak-anak Viking lainnya juga sudah ngobrol, jadi sekarang semua kepengursan diserahkan kepada Heru," ucap Yana.

"Selain saya ada juga yang lain ikut mundur seperti mang Ekek (Teddy Ekek) sebagai pendiri, Rudi Boseng, Bob, Yana Ewok, Gusdul dan Agus Ompong, itu pengurus seangkatan saya. Tinggal Heru saja sekarang, yang masuk kepengurusan," tambah Yana Umar.

2 of 2

Keluarga Mendukung

Yana Umar
Dirigen Viking, Yana Umar sedang memimpin rekan-rekan Viking untuk memberikan semangat bagi Persib agar bisa meraih kemenangan, saat menjamu Pusamania Borneo FC. (Bola.com/Arief Bagus)

Yana Umar membantah keputusannya mundur sebagai pengurus Viking dipicu lunturnya kekompakan di kepengurusan Viking. 

"Tidak ada alasan lain lagi, selain lebih kepada regenerasi, tidak ada ribut atau segala macam. Jadi murni mengambil keputusan ini biar bisa fokus ibadah, fokus kerja, dan keluarga juga, apalagi anak saya sekarang sudah ada lima," seloroh Yana.

Yana menjelaskan, keputusan untuk mundur sebenarnya pernah tersirat ketika masih ada Panglima Viking Alm. Ayi Beutik. Namun, baru terealisasi sekarang.

”Keluarga pun, istri dan anak mendukung keputusan saya. Saya sebagai kepala keluarga, mereka (anak dan istri) sangat mendukung keputusan saya," ungkap Yana.

Meski mundur sebagai pengurus, Yana mengaku tetap sebagai anggota Viking dan tetap akan ke stadion di saat Persib bertanding. 

"Saya lahir di Viking dan Viking itu rumah kedua saya. Jadi, saya tidak akan membiarkan begitu saja. Saya hanya tidak jadi pengurus, jadi tetap akan ke stadion menyaksikan Persib karena saya masih anggota Viking. Saya berharap Viking makin harmonis dan semoga makin maju," ucap Yana.

Lanjutkan Membaca ↓