Sukses


Alasan Simon McMenemy Berikan Menu Latihan Tendangan Salto untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Cibinong - Ada yang berbeda dari sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (26/8/2019). Pelatih Simon McMenemy memberikan menu latihan games berupa adu tendangan salto untuk pemain.

Sesi latihan tersebut berawal dengan membagi pemain ke dalam dua kelompok, yakni tim merah dan biru. Setelah itu pemain secara bergantian memberikan umpan kepada rekannya yang sudah berdiri bebas di depan gawang yang kosong.

Pemain yang berhasil memasukkan bola dengan tendangan salto, timnya mendapatkan skor dua. Adapun kalau memasukkan bola ke gawang menggunakan kaki dan sundulan kepala, mendapat satu poin.

Sesi tersebut disambut gembira pemain Timnas Indonesia. Mereka saling berlomba memasukkan bola dengan salto, ada yang berhasil serta gagal.

Pelatih Simon McMenemy tentu punya alasan khusus memberikan materi tendangan salto yang dibalut dengan games tersebut. Menurut Simon, hal itu dilakukan untuk mengasah teknik tendangan pemain.

"Kami bermain seperti bersama anak-anak kecil. Tendangan salto itu mengasah konsentrasi karena ada yang namanya muscle memory," kata Simon.

"Salto dan lainnya kan harus memiliki teknik yang bagus. Sekali gagal tidak apa-apa dan kedua, akhirnya belajar. Itu yang mereka sebenarnya tidak sadar bahwa pada latihan finishing sebenarnya ada tekniknya. Kuncinya adalah, untuk melakukannya mereka harus punya teknik yang bagus," ucap Simon.

Materi latihan ringan diberikan Simon McMenemy agar pemain Timnas Indonesia tidak jenuh. Seperti diketahui, pasukan Merah-Putih baru melakukan uji tanding melawan Persika Karawang yang berakhir dengan kemenangan 4-0, Minggu (25/8/2019).

2 dari 2 halaman

Persiapan Menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pemusatan yang dilakukan Timnas Indonesia di Stadion Pakansari akan berlangsung sampai 30 Agustus 2019. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akan memiliki dua laga awal di kandang yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Pasukan Simon McMenemy akan menjamu Malaysia (5/9/2019) dan Thailand (10/9/2019).

Video Populer

Foto Populer