Sukses


Label Tim Ibu Kota Sukar Dilunturkan dari Persija

Bola.com, Jakarta - The Jakmania wajib bersiap. Label tim ibu kota yang membalut Persija Jakarta bakal hilang. Kepastian itu seiring keputusan Presiden Joko Widodo yang memindahkan ibu kota ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Secara konstitusional, predikat tim ibu kota resmi disandang Persija Jakarta sejak 1964 saat Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 1964 tentang pernyataan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Raya tetap sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia dengan nama Jakarta disahkan.

Berbarengan dengan diresmikannya UU tersebut, Persija Jakarta menandainya dengan predikat jawara Liga Indonesia. Di tahun yang sama, Soetjipto Soentoro dkk. berhasil menjadi klub terbaik di Indonesia.

Sejak identitas klub ibu kota melekat, Persija pernah enam kali keluar sebagai kampiun Liga Indonesia. Selain pada tahun pertama ditetapkannya DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan RI, Macan Kemayoran meraih trofi lainnya pada 1973, 1975, 1979, 2001, dan 2018.

Sebagai tim ibu kota, label klub kaya, metropolitan, bertabur bintang, dan istilah-istilah hegemoni lainnya pernah mampir di Persija Jakarta. Sebutan-sebutan tersebut membuat prestise tim berjulukan Macan Kemayoran ini berbeda dibanding klub-klun lainnya.

2 dari 2 halaman

Menutup dengan Prestasi

Sandi Darman Sute menjadi satu dari sekian pemain yang popularitasnya melesat ketika membela Persija Jakarta. Gelandang asal Palu, Sulawesi Tengah, itu adalah pilar penting tim ibu kota ketika menjuarai Liga 1 tahun lalu.

"Predikat tim ibu kota akan susah dihilangkan dari Persija, walau ibu kota dipindah. Tak akan pernah terlupakan soal itu," kata Sandi Sute.

Pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur membutuhkan waktu. Setidaknya, baru dapat diwujudkan sekitar 3-4 tahun lagi.

Pada periode tersebut, Persija Jakarta masih dapat meraih prestasi dengan label tim ibu kota. Sebelum, memberikan tongkat predikat tim ibu kota kepada dua klub, Mitra Kukar dan Penajam Utama.

Video Populer

Foto Populer