Menjamu Mitra Kukar, PSIM Tak Mau Kehilangan Status Pemuncak Klasemen

Oleh Vincentius Atmaja pada 27 Agu 2019, 04:15 WIB
Diperbarui 17 Sep 2019, 13:55 WIB
PSIM Yogyakarta

Bola.com, Yogyakarta - PSIM Yogyakarta akan kedatangan tamu berat dalam pekan ke-12 Liga 2 2019. Tim berjulukan Naga Jawa menjamu Mitra Kukar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (27/8/2019).

Mitra Kukar akan menjadi lawan berat lantaran sedang berupaya bangkit setelah terdegradasi dari Liga 1.

PSIM Yogyakarta kalah 0-1 dari tuan rumah Mitra Kukar pada laga putaran pertama (26/6/2019). Atep dkk. juga punya bekal apik setelah menahan Persis Solo dengan skor 1-1 (23/8/2019).

Namun, PSIM juga dalam motivasi tinggi. Mereka berteka membalas kekalahan pada putaran pertama sekaligus mempertahankan posisi puncak klasemen sementara Grup Timur.

Pelatih PSIM, Aji Santoso, senang pemain lama dan baru makin padu jelang laga kontra Mitra Kukar ini.

"Sejauh ini bagus, kemarin saat melawan Persiba, 25 menit pertama mereka luar biasa. Tapi, begitu kemasukan, memang sedikit goyang. Itu tidak boleh terjadi, harus tetap fokus dan percaya diri," ujar Aji.

Eks pelatih Persela Lamongan itu meminta skuatnya tidak meremehkan Mitra Kukar. Pasalnya, tim lawan masih memiliki pemain berpengalaman dengan nama besar.

"Namun, persiapan kami juga cukup baik, pemain menunjukkan fighting spirit yang luar biasa," imbuhnya.

Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin, mengungkapkan, pertandingan versus PSIM Yogyakarta jadi tantangan bagi pasukannya. Meski menyadari laga tidak akan berjalan mudah, ia tetap mengusung target mencuri poin.

"PSIM memang tim kuat, tapi kami juga punya banyak pemain bagus. Bermain di kandang atau tandang di Liga 2, sama sulitnya. Jadi, tak ada alasan, kami harus meraih poin dalam laga ini," kata Marin.

2 dari 2 halaman

Persis Mengancam

Persis Solo, Imam Budi Hernandi
Gelandang Persis Solo, Iman Budi Hernandi (kiri) berselebrasi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persewar Waropen di Stadion Wilis, Madiun, Sabtu (3/8/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Di sisi lain, tim yang berada di peringkat kedua klasemen sementara, Persis Solo, bisa mengancam posisi PSIM Yogyakarta. Pada saat bersamaan Persis akan menjamu Persiba Balikpapan.

Persis hanya terpaut satu poin dari PSIM, dan berpeluang kembali ke puncak.

Pelatih Persis, Choirul Huda, mewaspadai kebangkitan Persiba Balikpapan, yang kalah 1-2 di kandang PSIM pada laga sebelumnya. Pada pertemuan pertama, Persis dihajar tiga gol tanpa balas oleh Persiba.

"Kami sudah belajar dari kesalahan putaran pertama. Di partai kandang, tidak ada perkataan lain, laga harus kami menangi. Persis siap revans dan mengamankan poin penuh," ucap Choirul Huda.

Lanjutkan Membaca ↓