Sukses


Prediksi PSM Vs Persela: Menjaga Kesucian Mattoangin

Bola.com, Makassar - PSM Makassar mengusung misi ganda saat menjamu Persela Lamongan pada pekan ke-17 Shopee Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (1/9/2019).

Pertama, Juku Eja ingin menambah catatan kemenangan kemenangan di markas sendiri musim ini.Kedua, Juku Eja tak mau dibuat malu Persela seperti musim ini lalu. Di mana pada saat itu Persela membungkam PSM 3-2 di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin.

Ini merupakan satu-satunya kekalahan Juku Eja di markas sendiri pada Liga 1 2018.

Hanya memang tak mudah buat Juku Eja mewujudkannya. Karena Persela datang ke Makassar dengan kepercayaan diri yang besar setelah mengalahkan PS Tira Persikabo 6-1 (25/8/2019).

Sebaliknya, pada pertandingan nanti, Juku Eja tak bisa memainkan delapan pemainnya yakni Guy Junior, Bayu Gatra (cedera), Ferdinand Sinaga, Rizky Pellu (timnas senior), Firza Andika (timnas U-22) serta Marc Klok, M. Arfan dan Zulham Zamrun (akumulasi kartu kuning).

Bila merujuk daftar pemain yang absen, maka lini tengah dan depan menghadapi kendala. Padahal lewat kedua lini inilah peluang gol sekaligus mengamankan tiga poin bisa tercipta.

Di depan misalnya, tanpa Guy Junior, Bayu Gatra dan Ferdinand Sinaga jelas sangat menyulitkan PSM Makassar.

Itulah mengapa pelatih Darije Kalezic berharap bisa memainkan rekrutan anyar PSM Makassar, Amido Balde. Bila Balde tampil, Darije bisa mendorong Wiljan Pluim ke sisi sayap. Berduet dengan M. Rahmat untuk menyuplai Balde.

Sementara itu, peran Pluim dan Klok bisa diperankan oleh Raphael Maitimo dan Rasyid Bakri. Satu slot di lini tengah bisa diperankan oleh Hasim Kipuw atau Asnawi Mangkualam.

Opsi mendorong Asnawi dan Hasim bisa kedepan karena lini belakang PSM praktis tak bermasalah. Karena masih ada Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman dan Taufik Hidayat di formasi kuartet belakang untuk membentengi kiper Rivki Mokodompit.

Darije sendiri percaya dengan kemampuan skuatnya meski diadang kendala. Menurut mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini, dirinya tak ingin memikirkan masalah absennya pemain.

"Saya lebih fokus menyiapkan strategi sesuai materi yang ada. Saya sudah tekankan pemain untuk tetap fokus dan bermain sesuai intruksi," tegas Darije.

2 dari 3 halaman

Tamu Amat Percaya Diri

Di sisi lain, meski berstatus tamu, Persela menatap laga dengan kepercayaan diri yang tinggi usai mengalahkan PS Tira Persikabo 6-1 (25/8/2019).

Kebugaran skuat Nil Maizar pun lebih terjaga karena memiliki masa istirahat yang lebih banyak dari PSM.

Tak hanya itu, pada pertandingan nanti, Persela hanya kehilangan M. Zaenuri, stoper yang absen karena akumulasi kartu kuning. Sebagai antisipasi, Nil Maizar menyiapkan dua pemain pengganti yakni Mawouna Amevor atau Evander Yarangga.

Seperti pada pertandingan sebelumnya, senjata utama Persela tetap ada pada diri Alex dos Santos, striker ganas yang sudah mencetak 15 gol buat klubnya musim ini.

Kalau tampil normal, Alex berpeluang menyamai atau melebihi aksi Shohei Matsunaga yang mencetak dua dari tiga gol Persela saat membungkam PSM 3-2 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin musim lalu.

"Motivasi pemain sangat tinggi untuk mengulang sukses musim lalu. Tapi, saya juga ingatkan mereka agar tak larut dalam euforia kemenangan atas PS Tira. Karena, kini Persela akan menghadapi PSM yang selalu menang di Makassar musim ini," ujar Nil Maizar.

Bagi Nil Maizar, tanpa sejumlah pilar, PSM tetap berbahaya. "Saya sudah tekankan ke pemain agar mewaspadai militansi PSM bila bermain di markasnya," pungkas Nil Maizar.

Pelatih asal Ranah Minang dan juga anak-asunya di Persela ingin momentum kemenangan atas PS Tira terulang. Mereka tak ingin Persela kembali gagal menang pada lima laga beruntun sebelum menekuk PS Tira di Lamongan

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain dan Statistik

Data dan Fakta

Lima Laga Terakhir PSM

  • 28 Agustus: Vs Persija 0-0
  • 23 Agustus: Vs PSS 2-3
  • 18 Agustus: Vs Persib 3-1
  • 14 Agustus: Vs Barito 2-1
  • 10 Agustus: Vs Pusamania Borneo 0-2

Lima Laga Terakhir Persela

  • 25 Agustus: Vs PS Tira 6-1
  • 20 Agustus: Vs Semen Padang 0-2
  • 15 Agustus: Vs PSS 1-1
  • 8 Agustus: Vs Persib 2-2
  • 29 Juli: Vs Pusamania Borneo 2-2

Rekor Pertemuan di Liga 1

  • 10 Agustus 2018: Persela Lamongan vs PSM Makassar 1-1
  • 6 April 2018: PSM vs Persela 2-3
  • 12 Agustus 2017: Persela vs PSM 0-1
  • 16 April 2017: PSM Makassar vs Persela Lamongan 3-1

Prakiraan Susunan Pemain

  • PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi (belakang); Hasim Kipuw, Raphael Maitimo, Rasyid Bakri (tengah); Wiljan Pluim, Amido Balde, M.Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

  • Persela Lamongan (4-2-3-1): Dwi Kuswanto (kiper); Birul Walidain, Mawouna Amevor, Arif Satria, Eky Taufik (belakang); Lucky Wahyu, Kei Hirose, Rafinha, Delvin Rumbino, Sugeng Efendi (tengah); Alex dos Santos (depan)

Pelatih: Nil Maizar

Video Populer

Foto Populer