Sukses


Cerita di Balik Posisi Baru Rachmat Irianto di Persebaya

Bola.com, Bekasi - Persebaya Surabaya menurunkan susunan pemain yang berbeda saat menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (31/8/2019). Bajul Ijo memaksa Rachmat Irianto tampil sebagai bek kiri.

Pelatih interim Persebaya, Bejo Sugiantoro terpaksa membuat keputusan itu karena tak memiliki stok bek kiri. Padahal, Bajul Ijo memiliki tiga pemain yang bisa bermain di posisi itu. Tapi, semuanya harus absen. 

Ruben Sanadi harus bergabung Timnas Indonesia. Sementara Novan Setya Sasongko izin menemani sang istri yang melahirkan. Stok terakhir, Alwi Slamat mengikuti kejuaraan bersama kesatuannya di TNI AD. 

Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, sendiri merupakan pemain yang berposisi asli sebagai bek tengah. Tapi, dalam beberapa laga terakhir Rian dimainkan sebagai gelandang bertahan. Rupanya, Bejo sempat akan memasang stoper Mokhamad Syaifuddin di bek kiri 

“Selama official training kemarin, saya lebih mengedepankan Syaifuddin, tapi jawaban dia, ‘saya tidak bisa tendang kiri’. Jadi, opsi terakhir ada pada Rian,” ungkap Bejo yang tak lain adalah ayah kandung Rian.

Rian tergolong sebagai pemain muda serba bisa di sektor pertahanan. Dia pernah bercerita kepada Bola.com bahwa kemampuannya itu diasah saat menimba pengalaman bersama Frenz United, klub asal Malaysia.

Pengalaman itulah yang ia terapkan ketika mendapat tugas baru di Persebaya Surabaya.

2 dari 2 halaman

5 Posisi

Menurut Bejo, di Frenz United, Rian bisa hampir lima posisi, yakni sayap, bek tengah, gelandang bertahan, dan fullback kanan dan kiri.

"Saya cuma tanya, ‘siap tidak seandainya menjadi fullback kiri’. Tidak ada jawaban yang membuat saya memaksa Rian, jawaban dia, ‘siap’,” terang Bejo. 

“Itu yang dibutuhkan oleh pemain Persebaya pada masa yang akan datang. Ini bukan karena Rian anak saya. Tapi, saya tahu semua saya tahu kelebihan dan kekurangan elemen di tim ini,” imbuh legenda hidup Persebaya itu. 

Rian terbukti mampu menjawab tantangan dari Bejo menempati posisi baru. Gawang Persebaya Surabaya juga tidak kebobolan dengan menang 2-0 atas Bhayangkara. Sayang, dia harus ditarik pada menit ke-69 diganti Syaifuddin pada menit ke-69.

Video Populer

Foto Populer