Sukses


Prediksi Persaingan di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Menurut Kiatisuk Senamuang

Bola.com, Bangkok - Perjalanan Timnas Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Uni Emirat Arab (UEA) menuju Piala Dunia 2022 sebentar lagi dimulai.

Keempat negara ASEAN plus negara di Timur Tengah itu akan berjibaku memperebutkan tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sebagai juara Grup G, serta satu lagi tiket bisa diraih dengan menjadi satu di antara empat runner-up terbaik dari delapan grup.

Mantan pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, memberikan pandangannya perihal persaingan di Grup G, utamanya kiprah The War Elephants.

Timnas Thailand akan menjamu Vietnam pada laga perdana Grup G, Kamis (5/9/2019), dilanjutkan dengan melakoni partai tandang melawan Indonesia, Selasa (10/9/2019), dalam matchday kedua.

Kiatisuk menyebut Grup G tak akan mudah buat Timnas Thailand. Namun, ia optimistis the War Elephants yang kini dilatih Akira Nishino, bisa melaju ke putaran ketiga dan bahkan final zona Asia.

"Empat tahun lalu kami berhasil tampil hingga putaran ketiga zona Asia karena kami mengalahkan Vietnam di kandang dan saat tandang," ujar Kiatisuk.

"Saya yakin mereka akan membalas kekalahan itu dan menyulitkan Thailand. Mereka juga mampu mengalahkan Thailand di King’s Cup lalu karena Thailand tak menurunkan skuat lengkap."

"Nishino sekarang bisa memainkan pemain yang berkiprah di luar negeri untuk dua laga kualifikasi, dan saya yakin dia sudah menyiapkan rencana-rencana," lanjut pelatih berjulukan Zico ini.

"Dia mencermati pemain yang dipanggilnya ke pemusatan latihan dalam kompetisi domestik, dan dia pelatih yang sangat berpengalaman. Pemain bisa belajar banyak darinya."

"Sangat penting buat Timnas Thailand memetik tiga poin dari laga kandang pertama. Itu bisa membantu tim mendapatkan kembali kepercayaan diri," tegas Kiatisuk.

2 dari 2 halaman

Adangan dari Pesaing

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Timnas Thailand menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang melaju hingga putaran ketiga. Namun, di tahap itu, the War Elephants gagal bersaing dan berada di dasar klasemen Grup B yang dihuni enam tim.

Lima tim pesaing ketika itu adalah Jepang, Arab Saudi, Australia, UEA, dan Irak.

Sepeninggal Kiatisuk dari kursi pelatih kepala Timnas Thailand, status Negeri Gajah Putih sebagai raja sepak bola di ASEAN seolah memudar.

Vietnam mulai mengambil alih status itu dengan tampil gemilang dalam dua tahun terakhir, di bawah era pelatih Park Hang-seo.

Putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini bisa menjadi jalan Thailand untuk mengembalikan status itu. Namun, seperti disampaikan Kiatisuk, hal itu tak mudah.

Tak hanya Vietnam yang akan mengadang, Indonesia serta Malaysia juga dipastikan tak mau takluk dalam pertemuan mendatang. Jangan lupakan pula keberadaan UEA, yang sejauh ini dianggap favorit juara Grup G.

Sumber: Bangkok Post

Video Populer

Foto Populer