Simon McMenemy Menunjuk Andritany Jadi Kapten Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 02 Sep 2019, 21:30 WIB
Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, menetapkan kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, sebagai kapten timnya untuk dua partai awal Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. 

McMenemy menilai Andritany sebagai satu di antara pemain berpengalaman di Timnas Indonesia. Posisinya sebagai kiper juga membuatnya dapat melihat seluruh sisi stadion.

"Kapten Timnas Indonesia adalah Andritany. Kenapa? Karena dia punya pengalaman yang besar, apalagi dia sudah sering main di stadion yang penuh dengan penonton," ujar McMenemy setelah latihan Timnas Indonesia di SUGBK, Senin (2/9/2019).

"Saya kalau memiliki kapten lebih suka kalau kaptennya adalah kiper kalau tidak bek. Kenapa? Karena dia bisa melihat seluruh lapangan," imbuh pelatih asal Skotlandia tersebut.

Timnas Indonesia akan menjamu Malaysia pada Kamis (5/1/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan dan Thailand pada lima hari kemudian.

2 of 2

Penjelasan McMenemy

Latihan Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di SUGBK, Jakarta, Senin (2/9). Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Simon McMenemy menganggap kiper dan bek cocok untuk mengemban ban kapten. Berbeda dengan gelandang dan penyerang, yang dianggapnya terlalu berkonsentrasi melihat ke pertahanan lawan.

"Kalau kami misalnya memilih pemain tengah, pemain tengah nanti dia bisa kepalanya ke mana-mana. Striker juga sama atau pemain depan lainnya," kata eks pelatih Bhayangkara FC itu.

"Jadi saya lebih memilih kiper dan bek sebagai kapten karena saya merasa mereka bisa mengorganisir permainan," tutur McMenemy.

Lanjutkan Membaca ↓