Liga 2: Striker Timnas Indonesia U-22 Milik Persik Hancurkan Mental PSIM

Oleh Gatot Susetyo pada 02 Sep 2019, 21:40 WIB
Diperbarui 02 Sep 2019, 21:40 WIB
Septian Satria Bagaskara
Striker Persik Kediri, Septian Satria Bagaskara selebrasi setelah menjebol gawang PSIM Yogyakarta di Stadion Brawijaya, Kediri, Senin (2/9/2019).

Bola.com, Kediri - Persik Kediri meraih hasil impresif pada duel bergengsi Liga 2 2019 dengan mengalahkan pimpinan klasemen sementara Grup Timur, PSIM Yogyakarta, 2-0 di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Senin (2/9/2019). Dua gol Macan Putih diborong striker Timnas Indonesia U-22, Septian Satria Bagaskara, pada menit ke-60 dan 66.

Gol-gol tersebut berkat kecepatan dan akurasi Bagaskara saat adu lari dengan bek-bek Laskar Mataram. Sekaligus kepiawaian dia melewati kiper I Putu Pager Wirajaya. Babak pertama tuan rumah belum mampu menjebol gawang PSIM.

Namun pada babak berikutnya, pelatih Budihardjo Thalib, yang memberi instruksi via telepon ke tim pelatih mengubah strategi permainan. Arsitek asal Makasar ini memang sedang menjalani sanksi larangan empat kali mendampingi Faris Aditama dkk. bertanding.

"Saya berkordinasi dengan asisten Alfiat dan Johan Prasetyo agar permainan diubah. Saya juga suruh mereka melakukan pergantian pemain, khususnya di dua sayap agar lebih intens melakukan tekanan lewat sektor tersebut. Hasilnya sangat sempurna, kami bisa mengamankan tiga poin di kandang. Apalagi tim yang kami kalahkan adalah PSIM, rival kami di papan atas grup ini," tutur Budihardjo Thalib.

Kendati meraih sukses, Budihardjo Thalib mengeluhkan kinerja wasit Ruslan Waly (Sulut) yang beberapa kali tak memberi hukuman penalti kepada PSIM. Meski terjadi pelanggaran di kotak penalti.

"Kami bersyukur dengan kemenangan ini. Tapi saya amati wasit kurang bagus. Seharusnya kami bisa menang lebih dari dua gol hari ini. Anak-anak main kompak dan sedikit pun tak minder dengan pemain bintang PSIM," ujar Budihardjo Thalib.

Kemenangan ini mengembalikan Persik Kediri ke jalur persaingan papan atas. Raihan tiga angka ini mendongkrak posisi Persik ke urutan kedua klasemen sementara Grup Timur dengan koleksi poin 20. Mereka hanya selisih satu angka dengan PSIM.