Sukses


Madura United Akui Bali United dan Tira Persikabo Layak di Papan Atas Liga 1

Bola.com, Bangkalan - Manajer Madura United, Haruna Soemitro mengakui kualitas yang dimiliki dua tim pesaingnya, Bali United dan Tira Persikabo. Kedua tim itu kini menduduki dua posisi teratas klasemen sementara di putaran pertama Shopee Liga 1 2019. 

Bali United berada di puncak klasemen dengan 40 poin dari 16 pertandingan. Tira Persikabo, yang berada di posisi runner-up, mengoleksi 33 poin dari 17 laga. Sedangkan Madura United kini di bawahnya alias peringkat ketiga memiliki 30 poin dari 17 pertandingan. 

Haruna menyebut Bali United dan Tira Persikabo merupakan dua tim yang mampu menunjukkan konsistensi selama putaran pertama. Selain itu, mereka juga tidak merombak skuat. Itulah yang menjadi kunci keberhasilan kedua tim itu. 

“Sesuai perkiraan, Bali United menjadi tim yang lebih siap karena merekan memiliki skuat tim yang diakui dipertahankan sejak lama dan tidak banyak berubah. Harus diakui, Bali dan Tira mampu bersaing di papan atas,” kata Haruna. 

“Bali United hanya mengubah beberapa pemain lokal dan pemain asing. Tira malah mayoritas pemain lokalnya tidak berubah sejak tiga musim terakhir. Itu membuat skuat mereka lebih kuat dalam persaingan,” imbuhnya.

Dua tim yang disebut Haruna itu tampil mendominasi berkat kedalaman skuat dan keputusan mempertahankan mayoritas pemainnya. Bali United tercatat hanya merombak satu pemain asing dengan melepas Nick van der Velden dan menggantikan dengan Paulo Sergio.

Tira Persikabo, yang memiliki banyak pemain berlatar belakang anggota TNI, juga melakukan hal yang hampir serupa. Pemain lokal mereka tak mengalami banyak perubahan, hanya komposisi pemain asing saja yang diganti.

Hal berbeda dilakukan oleh Madura United yang ambisius menjadi juara dengan melakukan banyak pergantian pemain. Skuat Madura United banyak kedatangan pemain baru, baik lokal maupun asing. Sebut saja Zulfiandi, Ridho Djazulie, Fandry Imbiri, Marchko Meraudje, Beto Goncalves, Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Jaimerson Xavier, dsb. 

2 dari 3 halaman

Persaingan Juara Bakal Ketat

Madura United hanya mempertahankan delapan pemain yang sudah menajdi bagian skuat musim lalu. Di antaranya adalah Satria Tama, Guntur Ariyadi, Andik Rendika, Alfath Faathier, Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Greg Nwokolo, dan Engelberd Sani. 

Dari delapan nama yang bertahan, hanya tiga saja yang bermain secara reguler. Mereka adalah Asep, Greg, dan Andik Rendika. Slamet terkadang juga tampil sebagai starter saat kehilangan pemain di gelandang. Tapi, performanya menurun karena telah berusia 36 tahun.

“Madura United mempertahankan hanya sekitar 40 persen pemain. Kalau Madura United sempat terseok-seok, itu karena harapan tinggi juga. Faktanya, sepak bola tidak cukup dengan kedalaman skuat. Tapi, adaptasi pemain baru itu menyulitkan juga,” ucap Haruna. 

Meski demikian, Haruna menegaskan bahwa Madura United belum menyerah dengan persaingan gelar juara Liga 1. Dia akan meminta para pemainnya untuk berjuang keras menyalip Bali United dan Tira Persikabo. 

“Bali United dan Tira Persikabo itu layak berada di atas Madura United, itu harus diakui. Tapi, mereka belum tentu keluar sebagai juara karena semua kemungkinan masih bisa terjadi di putaran kedua,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

3 Besar

Bali United, Tira Persikabo, dan Madura United diprediksi menjadi tiga tim yang akan bersaing kuat di posisi teratas klasemen nanti. Tiga tim itu sejak beberapa pekan awal langsung menggebrak dengan menghajar tim lain. Tercatat, hanya tiga tim itu juga yang pernah merasakan posisi puncak klasemen. 

Madura United sempat menjadi pemuncak pada tiga pekan awal. Sejak pekan keempat, Bali United menyalip sebelum dikudeta pada pekan kedelapan. Tira Persikabo kemudian berada di atas sampai ke pekan ke-13 sebelum kembali digeser oleh Bali United yang di puncak sampai sekarang.

Video Populer

Foto Populer