Sukses


2 Pemain Persebaya Memuji Kualitas Wolfgang Pikal

Bola.com, Surabaya - David da Silva menjalani hari yang berbeda bersama Persebaya. Dia dan rekan satu timnya melakoni latihan di bawah arahan asisten pelatih baru, Wolfgang Pikal, di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Rabu sore (4/5/2019).

Striker asal Brasil itu merasa semua instruksi yang dilontarkan Pikal berjalan sangat baik. Dia juga menjalin komunikasi dan koordinasi dalam setiap menjalani sesi latihan perdana bersama Pikal.

"Saya melihat kualitas tinggi pada coach Wolf. Dia datang membantu Persebaya. Saya berharap bisa meningkatkan permainan kami," ungkap pemain berusia 29 tahun itu kepada awak media selepas latihan.

Beberapa porsi latihan membuat pemain makin antusias melahap materi yang telah diberikan. David pun demikian. Dia menganggap kehadiran pelatih berusia 51 tahun itu akan membantu memperbaiki performa Persebaya.

Dia menilai ada beberapa perbedaan antara Djadjang Nurdjaman, eks pelatih Persebaya, dan Pikal. Namun, dia tak mau menyebutnya. Yang jelas, dia ingin menyerap pengalaman baru yang dibagikan oleh pelatih.

"Setiap pelatih punya pengalaman yang berbeda. Jadi, sekarang coach Wolf berusaha memberikan yang terbaik untuk mengembangkan Persebaya. Dia punya pengalaman untuk Persebaya," ucap David.

Pikal dikenal pernah membantu Timnas Indonesia sebagai asisten pelatih. Pada 2010 dan 2016, dia membantu tugas pelatih kepala Alfred Riedl.

2 dari 2 halaman

Harapan Rendi Irwan

Pernyataan senada dilontarkan wakil kapten Persebaya, Rendi Irwan. Sebagai pemain senior Bajul Ijo, Rendi berharap Pikal mampu membagikan pengalamannya dan meningkatkan kualitas permainan Persebaya.

"Cukup bagus, sebelum latihan, dia memberi materi di kelas. Mudah-mudahan kami lebih disiplin datang latihan. Dia menerapkan apa yang selama ini jadi pelatih di timnas," ujar Rendi.

"Sepak bola modern yang akan diterapkan ke depan. Mudah-mudahan dia mengembalikan karakter permainan Persebaya seperti sebelumnya," imbuh pemain asli Sidoarjo itu.

"Mengembalikan kepercayaan diri pemain di putaran kedua akan lebih baik bersama coach Wolfgang Pikal dan coach Bejo Sugiantoro," tuturnya.

Pikal untuk sementara akan memimpin latihan Persebaya. Persebaya akan kedatangan Alfred Riedl yang telah ditunjuk sebagai pelatih kepala. Meski, belum ada informasi kapan Riedl akan tiba di Surabaya.

Video Populer

Foto Populer