Sukses


Persebaya Tak Akan Gelar Uji Coba Selama Jeda Shopee Liga 1

Bola.com, Surabaya - Persebaya hanya memiliki waktu satu pekan menunggu putaran kedua Shopee Liga 1 2019 bergulir atau sebelum bertandang ke markas Kalteng Putra dalam laga pekan ke-18 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (13/9/2019).

Itulah mengapa, Persebaya tidak akan menggelar laga uji coba dalam sisa waktu yang tidak banyak ini.

"Kami hanya berencana menggelar pertandingan internal. Kami tidak bertanding melawan tim lain," kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih Persebaya.

Di sisi lain, Pikal beralasan Persebaya tidak memerlukan partai uji coba sebagai upaya menyatukan visi bermain. Hampir semua pemain Persebaya sudah menyatu dalam skuat sejak awal musim ini.

Tim Bajul Ijo tercatat hanya mendatangkan dua pemain asing, David da Silva dan Aryn Williams, dalam bursa transfer pertengahan musim ini. Itu pun tidak memerlukan sesi khusus agar dua pemain tersebut bisa beradaptasi cepat. Khusus David, malah pernah berseragam Bajul Ijo pada musim lalu.

"Kami tidak memiliki banyak pemain baru, cuma satu dari Australia, Aryn Williams, yang lain sudah kenal. Tim ini sudah main sejak Januari, tidak perlu adaptasi lagi," imbuh pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Persebaya sebenarnya bisa saja menggelar uji coba melawan klub satelit mereka, PS Kota Pahlawan (PS Kopa). Dalam beberapa kesempatan, seperti libur kompetisi, biasanya Bajul Ijo melawan klub saudaranya itu.

2 dari 2 halaman

Opsi Melawan Tim Satelit

Opsi lain juga bisa dilakukan dengan bertanding kontra klub internal atau tim kelompok usia. Tetapi, Pikal belum mengetahui Persebaya memiliki klub satelit bernama PS Kopa. Dia kemungkinan tidak akan mengadakan laga uji coba.

"Saya baru tahu (PS Kopa). Nanti kami bicara pada manajemen, siapa tahu memang ada opsi. Sebenarnya tergantung levelnya bagaimana. Misalnya main melawan tim lemah, menang 8-0, tidak ada artinya, percuma," imbuhnya.

PS Kopa saat ini sedang disibukkan dengan keikutsertaan di Liga 3 2019 zona Jawa Timur. Klub berisi pemain muda yang berdiri sejak 2017 itu masih tampil di penyisihan Grup D dan menduduki posisi puncak klasemen.

Demikian halnya tim Persebaya U-20, U-18, dan U-16, yang kebetulan semuanya lolos babak 8 besar Elite Pro Academy 2019. Partisipasi tersebut tidak akan membuat Persebaya melakoni uji coba melawan tim-tim yang telah disebutkan itu.

Video Populer

Foto Populer