Sukses


R2 Solo Libas Mitra Manakarra, Trofi Juara Piala Menpora U-16 Pindah ke Jateng

Bola.com, Tangerang - Trofi juara Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 pindah ke Provinsi Jawa Tengah. Tahun ini gelar juara seri nasional diraih wakil dari Jawa Tengah, R2 Solo. Tahun lalu gelar juara dipegang wakil DKI Jakarta, Trisakti FC. 

Dalam pertandingan final di Stadion Mini Cisauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (5/9/2019), R2 Solo mengalahkan Mitra Manakkara Mamuju, perwakilan Sulawesi Barat, dengan skor 2-0.

R2 bermain penuh percaya diri dalam pertandingan final yang disaksikan sekitar 600 penonton tersebut. Mereka tidak gentar dengan catatan Mitra Manakarra, yang di semifinal menyingkirkan Persebaya sebagai juara Jawa Timur.

Skuat R2 mencetak gol pada menit kedua. Gol dihasilkan Muh. Rohan F, yang di akhir pertandingan terpilih sebagai pemain terbaik Seri Nasional LBU16 2019. 

Kemudian gol kedua Jateng tercipta pada menit ke-13. Kali ini gol disumbangkan Guntur Saputro.

Liga Berjenjang U-16 sebelumnya bernama Liga Pelajar U-16. Kompetisi yang digelar sejak seri region kabupaten/kota, seri provinsi, lalu seri nasional ini berlangsung sejak 2016. Juara edisi pertama adalah Persib (Jawa Barat), disambung tahun kedua diraih Fanshop Bandung (Jawa Barat). 

Tahun ini penyelenggaraan seri nasional dipusatkan di Banten, berlangsung pada 1-5 September 2019 di berbagai stadion dan lapangan wilayah Banten.

Catatan positif dari penyelenggaraan tahun ini adalah kehadiran 34 tim dari seluruh provinsi di indonesia. Ini jadi kali pertama sepanjang sejarah kompetisi.

 

2 dari 2 halaman

Tahun Depan di Luar Jawa

Kabid Olahraga Menengah Asdep Ordik Kemenpora, Ary Moelyadi, yang menutup final LBU16 2019 di Cisauk mengucapkan selamat kepada tim juara.

"Kami menyambut positif penyelenggaraan seri nasional tahun ini yang bisa mendatangkan 34 tim, sebagai perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia," kata Ary.

"Selamat kepada tim juara, semoga gelar tahun ini bisa menambah motivasi. Bagi tim yang belum berhasil juara, juga harus tetap bersemangat dan giat berlatih," imbuhnya.

Liga Berjenjang U-16 2019 diselenggarakan Kemenpora RI dengan operator dari Manajemen Kompetisi (MK). Untuk penyelenggaraan tahun depan, sesuai rencana, akan digilir ke luar Pulau Jawa.

Video Populer

Foto Populer