Sukses


Madura United Belum Lempar Handuk dalam Persaingan Juara Shopee Liga 1

Bola.com, Bangkalan - Madura United harus puas menghuni peringkat ketiga klasemen sementara setelah berakhirnya putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Laskar Sape Kerrab membukukan 30 poin dari 17 pertandingan yang telah dijalani.

Madura United terpaksa merelakan dua posisi teratas dihuni Bali United (40 poin) dan Tira Persikabo (33). Persaingan ketiga tim saling berebut posisi puncak berjalan sengit. Tercatat, hanya tiga tim itulah yang sempat mencicipi status pemuncak klasemen. 

Manajer Madura United, Haruna Soemitro, menganggap dua tim tersebut memang layak berada di papan atas. Tetapi, mantan Ketua Asprov PSSI Jawa Timur itu menegaskan timnya belum menyerah dalam upaya merebut gelar juara.

"Kami belum menyerah untuk mencapai target sebagai juara. Madura United belum melempar handuk. Kami masih memiliki kesempatan mengganti poin yang hilang. Peluang itu masih terbuka dalam sisa 17 pertandingan," kata Haruna kepada Bola.com.

Madura United termasuk jadi andidat kuat calon juara Liga 1 2019 sejak awal musim bersama Bali United. Kedua tim itu berisikan banyak pemain berkualitas dan berpengalaman di kompetisi Indonesia.

2 dari 3 halaman

Bulan Berat

Namun, seiring bergulirnya kompetisi, Tira Persikabo juga masuk persaingan, meski sempat mengalami penurunan performa. Bali United jadi yang paling konsisten karena baru  membukukan enam laga dengan kemenangan beruntun.

Madura United mengawali Liga 1 2019 dengan menang telak 5-1 di kandang Persela Lamongan (17/5/2019). Tetapi, di antara tiga tim itu, Madura United jadi yang paling tidak konsisten karena sempat terpuruk selama Agustus 2019.

Dalam enam laga di bulan lalu, tim asal Pulau Garam tersebut hanya mampu membukukan satu kemenangan. Padahal, empat laga di antaranya digelar di kandang. Situasi itu sempat menggoyahkan internal tim hingga membuat pelatih Dejan Antonic mundur.

Mereka lantas menutup putaran pertama dengan menumbangkan Kalteng Putra 2-1 di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, Minggu (1/9/2019). Meski, sebenarnya kemenangan itu diraih dengan susah payah karena sempat tertinggal terlebih dulu.

"Kami tetap harus mensyukuri hasil putaran pertama yang diakhiri dengan kemenangan. Hasil itu membuat rentetan performa tim kembali ke jalurnya. Kami sempat kesulitan menang di kandang sendiri dan itu jadi periode berat," ucap Haruna.

3 dari 3 halaman

Upaya Pembenahan

Kembalinya Madura United ke jalur kemenangan diharapkan bisa menjadi titik awal meraih rentetan tiga poin lagi. Greg Nwokolo dkk. terus melakukan persiapan secara serius menatap putaran kedua.

"Dalam sepak bola, sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kekurangan kami harus menjadi catatan dan evaluasi khusus untuk tim. Tim ini perlu berbenah dan kami akan berusaha maksimal di putaran kedua," imbuh Haruna.

Madura United bakal mengawali putaran kedua dengan menjamu Barito Putera. Duel pekan ke-18 itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Sabtu malam (14/9/2019).

Video Populer

Foto Populer