Sukses


Thailand Selalu Gelar Latihan Tertutup di Jakarta, PSSI Berikan Penjelasan

Bola.com, Jakarta - Timnas Thailand telah tiba di Indonesia pada Sabtu (7/9/2019). Kedatangan tim berjulukan Changsuek itu relatif cepat mengingat pertandingan kontra Timnas Indonesia baru akan dihelat pada Selasa (10/9/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Thailand memanfaatkan waktu yang relatif panjang di Indonesia untuk berlatih. Periode 7-10 September 2019 digunakan Chanathip Songkrasin dan kawan-kawan untuk melakukan persiapan sebanyak tiga kali.

Pada hari pertama tiba, Thailand langsung menggeber latihan di Stadion Madya, Jakarta. Persiapan yang sama dilakukan pada hari kedua. Changsuek juga berlatih di Madya pada Minggu (8/9/2019).

Thailand masih punya sekali waktu berlatih lagi saat menjajal lapangan SUGBK atau official training. Namun, dalam dua latihan di Indonesia, statusnya selalu tertutup untuk penonton dan media Indonesia.

Pada latihan hari pertama, hanya media dari Thailand yang diperbolehkan meliput. Saat hari kedua, kebijakan yang sama masih diberlakukan.

2 dari 3 halaman

Respons PSSI

PSSI merespons keputusan Thailand yang selalu mengadakan latihan tertutup. Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI menjelaskan, Changsuek punya hak penuh dalam mengatur kewenangan.

"Latihan tertutup permintaan dari Thailand terus. Itu hak mereka juga," tutur Tisha.

"Kalau kami saat bermain tandang, akan melakukan hal yang sama. Itu hak dari masing-masing negara untuk mengajukan itu," kata Tisha.

3 dari 3 halaman

Hindari Mata-mata

Mengadakan latihan tertutup telah menjadi kebiasaan Thailand sejak ditangani pelatih asal Jepang, Akira Nishino. Sebelum bertemu Vietnam pada partai pertama Grup G pun, latihan Changsuek berlangsung rahasia dari publik.

Ditengarai, Nishino tidak rela strategi dan taktik Thailand bocor ke publik sehingga dapat diketahui pihak lawan. Namun, caranya masih belum ampuh sebab Changsuek ditahan imbang 0-0 oleh Vietnam.

Video Populer

Foto Populer