Sukses


Duta Besar Thailand Ikut Siapkan Pengamanan Saat Changsuek Hadapi Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Duta besar Thailand untuk Indonesia, Songpol Sukchan, mengonfirmasi bahwa ada sebuah rencana pengamanan bagi Timnas Thailand dan para pendukungnya yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Thailand menghadapi Timnas Indonesia dalam laga Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Duta besar Thailand untuk Indonesia mengundang seluruh pemain dan ofisial Timnas Thailand untuk makan malam pada Minggu (8/9/2019). Seperti dilansir dari situs resmi FAT, suasana open house di kediaman duta besar Thailand itu begitu hangat, di mana sang duta besar memberikan dukungan penuh kepada Timnas Thailand untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Dalam sebuah sesi tanya jawab, Songpol Sukchan memastikan telah membantu dua hal penting selama Changsuek, julukan untuk Timnas Thailand, berada di Jakarta, yaitu mengirim surat kepada pemerintah Indonesia melalui Kemenpora dan mempersiapkan sebuah rencana cadangan mengenai pengamanan kepada atlet dan suporter Thailand ketika pertandingan berlangsung.

"Kami telah melakukan dua hal untuk membantu. Pertama, kami menuliskan surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, memintanya untuk memastikan keamanan atlet dan suporter Thailand. Jangan sampai terjadi yang tidak diinginkan, seperti dalam pertandingan dengan Malaysia," ujar Songpol Sukchan seperti dilansir situs resmi FAT.

"Sementara yang lain adalah sebuah rencana cadangan. Kedutaan akan mempersiapkan sebuah bus jika situasinya tidak lebih baik dari sebelumnya. Bus itu untuk suporter Thailand yang akan membawa mereka dari stadion ke tempat lain yang paling aman," lanjut duta besar Thailand itu.

Insiden kericuhan suporter ketika Timnas Indonesia menjamu Malaysia pada event yang sama di SUGBK, Kamis (5/9/2019), menjadi pelajaran berharga bagi banyak pihak, tak terkecuali Thailand yang datang sebagai tim kedua yang harus menghadapi Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

2 dari 3 halaman

Yakin Indonesia Berbenah

Meski sudah mempersiapkan rencana tersebut, duta besar Thailand itu juga yakin insiden di laga antara Timnas Indonesia kontra Malaysia juga menjadi pelajaran bagi pihak-pihak terkait di Jakarta. Songpol Sukchan yakin antisipasi pun sudah disiapkan agar kejadian serupa tidak terulang.

"Saya pikir indonesia pasti belajar dari pertandingan dengan Malaysia, di mana PSSI harus meningkatkan pengamanan sesuai dengan regulasi FIFA. Jika tidak, akan ada hukuman yang bisa dijatuhkan terkait menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan sepak bola," ujar duta besar Thailand itu.

3 dari 3 halaman

Optimistis Thailand Menang

Duta besar Thailand itu juga merasa percaya diri The War Elephants bakal memiliki peluang untuk memenangi pertandingan. Apalagi dalam tiga pertemuan terakhir di antara kedua tim, Thailand mampu dua kali menang atas Timnas Indonesia, yaitu di leg kedua final Piala AFF 2016 dan di fase grup Piala AFF 2018.

"Secara pribadi, jika ada peluang, para suporter akan bersenang-senang dengan Timnas Thailand di lapangan. Saya percaya bahwa para pemain akan bermain sesuai taktik dari Coach Nishino, di mana ada peluang bagus untuk meraih tiga poin,"

Sumber: FA Thailand

Video Populer

Foto Populer