Trio Persebaya di Timnas Indonesia Menyusul ke Markas Kalteng Putra

Oleh Aditya Wany pada 10 Sep 2019, 16:30 WIB
Latihan Timnas Indonesia

Bola.com, Surabaya - Persebaya berusaha mendapatkan kekuatan penuh saat bertandang ke markas Kalteng Putra dalam laga pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Jumat (13/9/2019). Belakangan ini tim Bajul Ijo berlatih tanpa skuat lengkap.

Tiga pemain Persebaya, yakni Irfan Jaya, Hansamu Yama, dan Ruben Sanadi masih gabung Timnas Indonesia untuk laaga melawan Thailand dalam penyisihan Grup G  putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (10/9/2019).

Setelah pertandingan, ketiganya akan gabung dengan rekan satu tim di Persebaya, di Palangkaraya.

Asisten pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal, turut mempertimbangkan faktor kelelahan pemain tersebut. Namun, Pikal tetap berharap tiga pemain itu bisa menyusul David da Silva yang direncanakan berangkat H-2 pertandingan.

"Ada beberapa pemain yang langsung gabung ke Palangkaraya dari Jakarta. Sebetulnya secara teori bisa," ucap Pikal.

"Tapi, kami harus diskusi dengan tim pelatih bagaimana. Misalnya, ada pemain yang dua kali main 90 menit, dia hanya punya recovery 2,5 hari, mau dimainkan apa enggak. Kami harus pertimbangkan kelelahan dan perlu recovery," imbuhnya.

Hal yang sama berlaku pada Manuchehr Jalilov. Penyerang sayap berusia 28 tahun itu kini masih bersama Timnas Tajikistan. Dia malah butuh waktu lebih banyak karena harus menempuh perjalanan dari Mongolia ke Indonesia untuk kembali gabung Persebaya.

2 of 2

Situasi Tak Mudah

Manuchehr Jalilov
Striker Persebaya Surabaya, Manuchehr Jalilov, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persebaya menang 3-2 atas Perseru. (Bola.com/Yoppy Renato)

Jalilov tampil selama 88 menit saat Tajikistan melawan Kirgizstan, Kamis (5/9/2019). Kini dia bersiap melawan Mongolia dalam laga kedua Grup F di Stadion MFF Football Center, Ulan Bator, Mongolia, Selasa (10/9/2019).

"Jalilov sebelumnya bermain 88 menit. Misalnya dia pertandingan kedua dia dipakai 90 menit, kelihatannya tidak mungkin kami pakai (melawan Kalteng Putra)," ucap Pikal.

Di sisi lain, ada dua pemain Persebaya yang kini sedang mejalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22, yaitu Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto.

"Mereka juga akan bergabung, mungkin Selasa tanggal 10 ini," tutur Pikal.

Alhasil, Persebaya bakal melewati situasi tidak mudah. Padahal, Bajul Ijo bertekad mencuri poin penuh di kandang Kalteng Putra.

Lanjutkan Membaca ↓