Persela Tak Gentar Hadapi Badak Lampung Tanpa Alex Goncalves

Oleh Aditya Wany pada 10 Sep 2019, 17:45 WIB
Alex Goncalves

Bola.com, Bekasi - Persela Lamongan bertanding tanpa kekuatan penuh saat melawat ke markas Badak Lampung FC dalam partai tunda pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019. Persela tak bisa menurunkan Alex Goncalves dalam laga di Stadion Patrito Candrabhaga, Bekasi, Rabu (11/9/2019).

Striker asal Brasil itu mendapat kartu merah dalam laga pekan ke-17 saat Persela kalah 1-2 dari PSM Makassar (1/9/2019).

Anehnya, duel kontra Badak Lampung ini sebenarnya adalah partai tunda akibat Laskar Saburai tak bisa menggelar laga kandang pada 3 Agustus lalu. Status pertandingan ini tetap pekan ke-12, meski digelar di tempat netral setelah pekan ke-17. Namun, Alex tetap tak bisa main.

Alex merupakan striker andalan Persela Lamongan. Ia menjadi top scorer sementara Shopee Liga 1 2019, dengan torehan 15 gol.

Kekuatan Laskar Joko Tingkir jelas tereduksi. Namun, pelatih Persela Lamongan, Nilmaizar, enggan dipusingkan dengan hal itu.

"Kami pasti melakukan perubahan dalam starting line-up. Kami berharap tidak terlalu mengubah permainan karena taktik kami masih sama. Tinggal kualitas orangnya saja yang berbeda," ucap Nilmaizar dalam jumpa pers jelang laga, Selasa (10/9/2019).

"Kalau dibilang rugi, ya sepak bola memang seperti itu. kami harus memaksimalkan pemain yang ada. Kami harus memikirkan apa yang bisa dilakukan sekarang," imbuh mantan pelatih Semen Padang tersebut.

2 of 2

Skema False Nine

Alex dos Santos Goncalves
Striker Persela asal Brasil, Alex dos Santos Goncalves, dalam latihan resmi di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (14/8/2019). (Bola com/Vincentius Atmaja)

Situasi ini, tanpa Alex Goncalves, sudah pernah dijalani oleh Persela Lamongan. Striker berusia 29 tahun itu pernah mendapat kartu merah kontra Madura United (17/5/2019). Dia terpaksa absen saat Persela menjamu Persipura Jayapura pekan berikutnya (22/5/2019).

Dalam laga itu kontra Persipura, Persela kemudian menurunkan Yohanis Nabar sebagai striker. Namun, pemain dia sudah hengkang dan membela Sriwijaya FC di Liga 2 2019. Komposisi darurat itu juga dilakukan saat Persela masih ditangani Aji Santoso.

Nilmaizar belum menyebut secara pasti siapa sosok yang akan menggantikan tugas Alex. Bisa jadi, dia menurunkan pemain sayap, Rafael Oliveira, sebagai pengganti dalam skema false nine. Persela juga masih punya Marsel Kararbo atau Ghifari Vaiz di lini depan.

Lanjutkan Membaca ↓