Jacksen Tiago Vs Julio Banuelos: Duel Pelatih dari Kiblat Sepak Bola Dunia

Oleh Gatot Susetyo pada 11 Sep 2019, 07:20 WIB
Persipura Jayapura vs Persija Jakarta

Bola.com, Tenggarong - Partai tunda pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 mempertemukan Persipura Jayapura kontra Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Kutai Kartanegara, Rabu (11/9/2019), jadi ajang adu taktik dua pelatih beda benua.

Dari Persipura Jayapura ada Jacksen Tiago, sedangkan Julio Banuelos membesut Persija Jakarta.

Jacksen Tiago telah kenyang pengalaman atmosfer sepak bola Indonesia sejak jadi pemain hingga kini alih profesi sebagai pelatih. Julio Banuelos masuk ke Indonesia bersama Luis Milla, sebagai asisten Timnas Indonesia di Asian Games 2018.

Guratan nasib keduanya juga berbeda jauh di pentas Liga 1 musim ini. Jacksen Tiago, yang kembali bergabung dengan Persipura menggantikan Luciano Leandro, mencatat rekor ciamik.

Pelatih asal Brasil itu mampu mendongkrak posisi Persipura Jayapura, yang tertatih-tatih di urutan ke-17 di awal musim, kini merangsek ke urutan kesembilan.

Sementara Julio Banuelos belum mampu mengerek Macan Kemayoran dari papan bawah klasemen sementara. Juara Liga 1 2018 ini bahkan berada di zona degradasi.

2 of 2

Respek Pelatih Berkelas

Jacksen F. Tiago
Jacksen F. Tiago, pelatih Persipura. (Bola.com/Aditya Wany)

Laga di tempat netral merupakan keuntungan bagi Marko Simic cs. Namun, Jacksen Tiago sangat percaya diri dengan skuat asuhannya.

"Tak ada kendala apa pun yang kami hadapi. Mental pemain makin kuat, setelah melewati masa kelam di awal musim. Ini akan jadi partai sengit, karena gengsi kami sebagai tim legendaris di Indonesia," kata Jacksen Tiago.

Soal Julio Banuelos, mantan pelatih Barito Putera ini mengaku respek dengan juru taktik asal Spanyol tersebut.

"Spanyol salah satu negara kuat di Eropa. Negara itu punya pemain dan pelatih bagus. Seperti negara saya, Brasil. Kami juga memiliki pemain-pemain hebat dan pelatih berkelas. Kita lihat nanti, saya atau Julio yang unggul," ujar Jacksen Tiago.

Lanjutkan Membaca ↓