Kiprah ASEAN di Matchday Kedua Kualifikasi PD 2022: Kamboja dan Myanmar Sulitkan Raksasa Asia

Oleh Aning Jati pada 11 Sep 2019, 04:15 WIB
Timnas Myanmar vs Timnas Jepang

Bola.com, Jakarta - Tujuh negara di kawasan ASEAN yang tergabung di AFF kembali berjibaku di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (10/9/2019). Tiga di antaranya, tergabung di grup sama, yakni Grup G.

Di grup itu ada Malaysia, yang menelan kekalahan 1-2 atas Uni Emirat Arab (UEA), serta Indonesia dan Thailand yang bentrok di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hasilnya seperti sudah diketahui, Indonesia kalah telak 0-3 dari Thailand.

Kekalahan itu membuat Indonesia belum beranjak dari posisi juru kunci Grup G, sementara Thailand menggeser Malaysia dari puncak klasemen. Tim Harimau Malaya kini untuk sementara ada di peringkat ketiga, di bawah UEA yang jadi runner-up.

Pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di grup lain yang diikuti sesama negara ASEAN, di Grup A ada Filipina yang pesta gol ke gawang Guam. The Azkals menang 1-4.

Kemenangan yang dibukukan di Guam FA National Training Center, Dededo, itu cukup wajar mengingat Guam merupakan tim terlemah di Grup A. Peringkat FIFA Guam adalah 190, Filipina ada di ranking ke-126.

Sementara di Grup C, Kamboja berhasil memberikan "kejutan" saat menjamu raksasa Asia, Bahrain, di Olympic Stadium, Phnom Penh. Kamboja, yang 1,5 dekade lalu masih jadi lumbung gol Indonesia di ajang internasional, "hanya" menelan kekalahan tipis 0-1.

Sebagai catatan, per 25 Juli 2019, Bahrain ada di peringkat FIFA ke-109 sedangkan Kamboja ada di urutan ke-170.

2 of 3

Myanmar Menyulitkan Jepang

Timnas Kamboja vs Timnas Bahrain
Timnas Kamboja vs Timnas Bahrain di Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 di Olympic Stadium, Phnom Penh (10/9/2019). (AFP/Tanh Chhin Sothy)

Kejutan sekaligus kebangkitan juga berhasil dilakukan Singapura saat meladeni tantangan tim berperingkat FIFA ke-102, Palestina. The Lions, yang berperingkat ke-162 atau di bawah Indonesia, mampu membungkam Palestina dengan skor 2-1.

Kemenangan ini membawa Singapura memuncaki klasemen sementara Grup D, dengan poin empat. Pada matchday pertama kualifikasi Piala Dunia 2022, Singapura menahan Yaman 2-2 (5/9/2019).

Satu lagi negara ASEAN yang bertanding pada Selasa malam adalah Myanmar. Sama halnya Kamboja, Myanmar juga menjamu tim besar di Asia, yakni Jepang.

Bermain di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar "hanya" takluk dengan skor 0-2 dari Jepang, yang menurunkan pemain bintang seperti Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, dan Takefusa Kubo.

Untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini, pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, memanggil 23 pemain, yang 19 di antaranya berkiprah di luar Jepang. 

Seperti dilansir dari Japan Times, kubu Jepang mengakui sempat dibuat kesulitan dengan tim tuan rumah.

"Myanmar berjuang sangat keras, dan kami hanya bisa mencetak dua gol, mencerminkan kemampuan kami saat ini. Kami perlu mengakui itu dan berkonsentrasi ke depan," ucap Moriyasu.

3 of 3

Hasil Pertandingan Negara ASEAN

Timnas Indonesia Vs Thailand
Kemelut terjadi di depan gawang Indonesia saat melawan Thailand pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selasa (10/9/2019)

Grup A: Guam vs Filipina 1-4

Grup C: Kamboja vs Bahrain 0-1

Grup D: Singapura vs Palestina 2-1

Grup F: Myanmar vs Jepang 0-2

Grup G: Malaysia vs Uni Emirat Arab 1-2

Grup G: Indonesia vs Thailand 0-3

Lanjutkan Membaca ↓